Notification

×

Iklan

Sidak Samsat Pessel, Wagub Sumbar Tegaskan Jangan Ada Pungli

Jumat, 15 April 2022 | 06:27 WIB Last Updated 2022-09-16T06:18:21Z

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy sidak ke Samsat Pessel.

Pesisir Selatan, Rakyatterkini.com - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy tegaskan kepada pegawai Kantor UPTD Samsat Pesisir Selatan untuk tidak melakukan pungli. Memberikan pelayanan yang terbaik merupakan tanggung jawab pemerintah.


"Saya tegaskan dalam bertugas jangan ada pungutan liar. Mudahkan rakyat untuk membayar pajak, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah untuk menciptakan pelayanan yang terbaik buat masyarakat," kata Wagub Sumbar.


Itu disampaikan Wagub Sumbar Audy Joinaldy dalam inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Samsat Pesisir Selatan, Jalan Jenderal Sudirman, Sago Salido, Kec. IV Jurai, Kamis (14/4/2022).


Menurut Audy Joinaldy, saat ini sudah tidak zaman lagi pungli, semua sudah dipermudah. Masyarakat bisa melakukan transaksi online (e-Samsat).


Dalam hal ini, percepatan pelayanan melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi memang menjadi hal yang paling utama, khususnya dalam upaya membangun kepercayaan publik.


Sementara itu Kepala UPTD Samsat Pessel Zul Akmal, menyampaikan, saat ini Samsat Pessel sedang mengalakkan inovasi bernama "Hunting TDU". 


"Kegiatan ini kita gencar lakukan pemburuan terhadap setiap pemiliki kendaraan yang belum membayar PKB (Pajak Kendaraan Bermotor). Kita lakukan hampir setiap minggu," ungkap Zul Akmal


Inovasi Hunting TDU bisa terlihat dari aplikasi e-Samsat bagi pemiliki kendaraan yang belum membayar PKB yang Tidak Daftar Ulang (TDU) atau kendaraan yang sudah berpindah hak milik.


"Kita langsung beri teguran ataupun menagih langsung tunggakan PKB. Walaupun dimana pemiliki kendaraan berada di wilayah Painan," jelasnya.


Kembali Zul Akmal melaporkan, bahwa Samsat Pessel untuk triwulan pertama lebih dari 39 persen dari target yang telah ditetapkan Bapenda Sumbar Rp33.450.000.000, untuk tahun 2022.


"Alhamdulillah, apa yang ditargetkan untuk Samsat Painan sudah tercapai. InsyaAllah untuk triwulan kedua ini akan kita tingkatkan lagi," harapnya. (nov/baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update