Notification

×

Iklan

Pemprov Sumbar Dorong Nagari Koto Baru Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Jumat, 15 April 2022 | 15:50 WIB Last Updated 2022-04-15T08:50:01Z

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Nizam Ul Muluk, serahkan bantuan pada pengurus masjid.

Solok, Rakyatterkini.com - Tim Safari Ramadhan (TSR) XIII yang dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Hansastri, sambangi Masjid Syariatul Ikhlas Bukit Kili, Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Kamis (14/4/2022).


Diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Nizam Ul Muluk, rangkaian kegiatan safari ramadhan dimulai dengan berbuka puasa bersama, salat maghrib, salat isya disambung tarawih berjamaah dan ditutup dengan tausiyah oleh ustad Sofwan Diran. 


Pada kesempatan ini, TSR Provinsi menyerahkan secara simbolis bantuan sebesar Rp50 juta kepada pengurus masjid. 


Nizam Ul Muluk, mengatakan kegiatan safari Ramadhan ini untuk meningkatkan silaturahmi antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan masyarakat Kabupaten Solok. Selain itu juga sebagai langkah membangun ukhuwah Islamiyah di bulan Ramadhan.


Nizam juga menyampaikan program-program pembangunan yang telah direncanakan dan dilaksanakan oleh pemerintah provinsi di Kabupaten Solok, khususnya terkait misi ketiga RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Provinsi Sumbar, yaitu meningkatkan nilai dan produktivitas pertanian, perkebunan, perternakan dan perikanan. 


Disebutkan Nizam, anggaran sebesar 680 miliar untuk sektor pertanian dalam rancangan APBD tahun 2022. Nilai tersebut merupakan 10 persen dari total Rp6,8 triliun APBD Sumbar 2020. Anggaran Rp680 miliar tersebut dibagi  ke lima bidang, yaitu pertanian (termasuk irigasi), peternakan, kelautan, kehutanan dan pangan.


"Anggaran diperuntukkan khusus untuk pertanian ini belum pernah terjadi sebelumnya, oleh sebab itu kelompok tani yang sudah berbadan hukum, langsung mengajukan proposal bantuan ke provinsi," ujarnya. 


"Jadi Pak Wali, mohon diarahkan kelompok tani ini, untuk membuat proposal sebanyak-banyaknya. Buatlah proposal pengajuan alat pertanian, jaringan irigasi, mesin tani, dan perbaikan jalan usaha tani," jelasnya kepada Wali Nagari Koto Baru. 


Wali Nagari Koto Baru, Afrizal, mengucapkan terima kasih atas kunjungan TSR Provinsi Sumatera Barat ke Nagari Koto Baru, ia berharap dengan kedatangan TSR XIII dapat memberikan berbagai kebijakan pembangunan termasuk pembangunan infrastruktur jalan. 


"Kami harap dengan kedatangan Tim Safari Ramadhan dari Provinsi dapat membantu menganggarkan proyek pembangunan jalan yang sudah tiga tahun ini menggunakan anggaran dari dana desa," paparnya. (mmc)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update