Notification

×

Iklan

Mudik Lebaran, Tol Pekanbaru-Bangkinang Dibuka Gratis

Rabu, 13 April 2022 | 14:53 WIB Last Updated 2022-04-13T07:53:29Z

Gubernur Riau dan rombongan jajal tol Pekanbaru-Bangkinang. (pemprov riau)

Pekanbaru, Rakyatterkini.com - Gubernur Riau, Syamsuar meninjau kesiapan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang sebelum difungsionalkan pada mudik lebaran tahun ini. 


Ditargetkan penyelesaian 100 persen jalan bebas hambatan itu pada 20 April mendatang. Saat ini progresnya sudah 95 persen atau tinggal finishing. Kemudiannya diperkirakan H-5 lebaran akan dibuka atau uji coba untuk mudik lebaran. 


Gubernur Riau berkesempatan menjajal tol Pekanbaru-Bangkinang sebelum difungsionalkan pada mudik lebaran nanti. Masuk tol dimulai di STA 09, tepatnya di Sungai Pinang depan SPN Polda Riau. Hanya butuh waktu 20 menit Gubri dan rombongan sampai di Bangkinang.


"Kita bersama pihak HK (Hutama Karya) meninjau tol ruas Pekanbaru-Bangkinang. Yang sekarang progresnya sudah hampir selesai, dan sekarang tinggal finishing saja," katanya yang dikutip dari laman resmi pemerintah provinsi Riau.


Berdasarkan laporan dari HK, kata gubernur, nanti pada 20 April pihak Kementerian PUPR akan meninjau tol Pekanbaru-Bangkinang.  "Kita harapkan sebelum lebaran tol Pekanbaru-Bangkinang bisa dibuka. Sehingga orang mudik bisa memanfaatkan jalan tol ini," harap gubernur.


Gubernur mengatakan, saat dibuka tol Pekanbaru-Bangkinang akan dibuka satu jalur, jalur mudik dari Pekanbaru menuju Bangkinang.


"Dari kesiapan yang kita lihat tadi, nampaknya nanti dibuka satu jalur untuk mudik lebaran (Pekanbaru menuju Bangkinang), dan nanti dibuka satu jalur lagi untuk arus balik (Bangkinang menuju Pekanbaru)," terangnya. 


Setelah menjajal tol itu, gubernur mengaku kagum dengan pembangunan jalan bebas hambatan itu. 


"Setelah kita coba tadi, seperti tidak terasa, jalannya bagus. Tadi saya dapat laporan dari HK, jalan tol Pekanbaru-Bangkinang ini sudah dinilai oleh Kementerian PUPR. Jadi jalan tol ini terbaik kedua nasional dari sekian banyak jalan tol di Indonesia, berarti kualitasnya luar biasa. Makanya tadi seperti tidak terasa, seperti jalan di atas kaca," ungkapnya. 


Project Director Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Bambang Hendarto mengatakan, jalan tol Pekanbaru-Bangkinang akan dibuka gratis pada saat mudik lebaran. 


"Tol Pekanbaru-Bangkinang dibuka gratis untuk mudik lebaran. Karena masih uji coba. Jalan tol akan dibuka H-5 lebaran. Teknisnya untuk jalur mudik dibuka dari Pekanbaru arah Padang, sedangkan sebaliknya lewat jalan nasional. Kemudian pada H+5 ditukar arusnya," terangnya. 


Bambang mengatakan, pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang ditargetkan pada 20 April sudah selesai 100 persen. (*/lk)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update