Notification

×

Iklan

Kabar Bahagia di Awal Ramadhan, THR tak Boleh Dicicil

Minggu, 03 April 2022 | 20:10 WIB Last Updated 2022-04-03T13:10:54Z

Ilustrasi.


Jakarta, Rakyatterkini.com - Ini baru kabar bahagia, di awal bulan Ramadhan 1443 H! Pasalnya, awak buruh atau pekerja bakal menerima Tunjangan Hari Raya (THR) penuh untuk Lebaran 2022 ini. 


Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) tidak lagi mengizinkan perusahaan untuk mencicilnya.


"THR (2022) wajib, tidak ada lagi keringanan boleh dicicil," kata Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Indah Anggoro Putri seperti dikutip detikcom.


Sebelumnya, sudah dua tahun perusahaan diberi keringanan boleh mencicil THR pekerja atas dasar terdampaknya usaha, lantaran pandemi COVID-19. Tahun ini, dipastikan tidak ada lagi keringanan itu.


Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) yang mengatur pencairan THR 2022, kata Indah, akan dikeluarkan dalam waktu dekat. Saat ini, masih sedang difinalkan.


"Surat Edaran Menaker minggu depan akan kita sebar," tegasnya.


Dasar hukum pembayaran THR Keagamaan mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 tentang THR Keagamaan bagi pekerja atau buruh di perusahaan. Dalam aturan itu, perusahaan diwajibkan memberi THR kepada para pekerja. 


"THR wajib dibayarkan paling lama 7 hari menjelang hari raya keagamaan," tutupnya. (*)




IKLAN



×
Berita Terbaru Update