Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Inilah Pemenang Duta GenRe 2022 di Pasbar, Wabup: Generasi Muda harus Sehat

Sabtu, 16 April 2022 | 20:26 WIB Last Updated 2022-04-16T23:56:24Z

Wabup Pasbar, Risnawanto pada malam Grand Final Duta GenRe 2022.
 

Simpang Empat, Rakyatterkini.com - Sesuai dengan tema Duta Genre 2022 yakni "Peran Remaja Dalam Pencegahan dan Penanggulangan Stunting", generasi Pasaman Barat (Pasbar) harus siap berkolaborasi dan menjawab kasus stunting sebagai agen pembaharuan dan sosialisasi. 


Generasi muda Pasbar harus menjadi generasi sehat dan bermartabat. Demikian disampaikan Wakil Bupati Pasbar, Risnawanto dalam acara Grand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Pasaman Barat, Minggu (20/3/2022) di gedung pertemuan Yaptip, Simpat Empat, Kecamatan Pasaman.


Turut hadir dalam acara puncak Duta GenRe tersebut, Sekretaris BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Nova Dewita, Ketua TP PKK Pasaman Barat, Ny. Titi Hamsuardi, Ketua GOW Ny. Fitri Risnawanto, Kepala DPPKBP3A Anna Rahmadia, sponsor, dewan juri, dan stakeholder terkait lainnya.


Dalam sambutannya, Wakil Bupati Risnawanto mengatakan jika generasi muda sudah sehat dan bermartabat, maka ia yakin generasi muda akan dapat mencapai semua impian dan cita-citanya. Dengan diiringi doa, usaha dan kerja keras untuk mencapai tujuan itu.


Untuk menjadi sehat lanjutnya, anak-anak muda Pasbar harus menerapkan pola makan sehat dan menjauhi narkoba. Menjauhi pergaulan bebas yang tidak bermanfaat. Karena, generasi muda sangat mudah terpengaruh dengan hal negatif. Untuk menjadi bermartabat, harus menjalankan ajaran agama, menjaga diri dan menghindari perbuatan tercela.


"Atas nama pemerintah daerah, kami menginginkan anak-anak kami ini menjauhi narkoba dan menghindari pergaulan bebas yang merugikan diri sendiri," tegasnya lagi. 


Mengamalkan ajaran agama, sambung dia, juga berbuat baik dan menghindari perbuatan tercela. Terutama jika ingin mencapai cita-cita tinggi.


Selain itu, Duta GenRe harus bersinergitas menjalankan program Pemda Pasbar, agar generasi muda Pasbar terus maju, baik melalui pengembangan usaha UMKM, digitalisasi, dan peningkatan ekonomi Pasbar. 


Sementara itu, Kepala DPPKBP3A Anna Rahmadia sekaligus Panitia Pelaksana menyebutkan, pemilihan Duta GenRe 2022 telah melalui beberapa tahapan audisi. Dari sebanyak 92 peserta menyisihkan 20 finalis yang berasal dari siswa/i dan mahasiswa/i. 


"92 peserta telah mengikuti audisi test tulis, wawancara umum dan GenRe, public speaking, serta minat bakat. Peserta ada yang berasal dari UNES, UNP, ISI Padang Panjang, SMAN 1 Pasaman, SMKN 1 Lembah Melintang, SMAN 1 Kinali, MAN 1 Pasaman Barat dan lainnya," tegas Anna.


Selama pemilihan lanjutnya, seluruh peserta menginap di Rumah Aman DPPKBP3A selama tiga hari dan mengikuti rangkaian kegiatan pembekalan. Tahapan Grand final direncanakan pada 25 Februari, namun kegiatan sempat tertunda dikarenakan bencana gempa yang terjadi.


"Peserta diberikan pembekalan selama tiga hari mulai 23 hingga 25 Februari. Materi yang diberikan mengenai KRR, pengetahuan GenRe, FGD mengenai stunting, publik speaking, dan latihan koreo/tari selama diinapkan di Rumah Aman. Dengan kondisi dan keterbatasan, memaksa kita menunda pelaksanaan grand final yang semula kita rencanakan 25 februari malam, baru dapat kita laksanakan hari ini," jelasnya.


Disamping itu, Sekretaris BKKBN Provinsi Sumatera Barat Nova Dewita mengucapkan terimakasih kepada Pemda Pasbar tak terkecuali DPPKBP3A yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut. Duta GenRe terpilih nantinya diharapkan menjadi figur yang bertakwa kepada Allah SWT, mewakili Pasbar menuju ke tingkat provinsi.


Diakhir kegiatan, diumumkan peraih gelar Duta GenRe Putra oleh Febra Ardianto dan Duta GenRe Putri diraih Anita Nafadhila, beserta Runner Up 1 putra diraih Taufik Hidayat dan Runner Up 1 putri oleh Rahmalia Hidayatul Aniva. 


Sedangkan Runner Up 2 putra Ar Rauf Sakbandi dan Runner Up 2 putri oleh Elfina Nazhifah Salwa. Selain itu, juga diberikan penghargaan Runner Up 3 dan 4 untuk putra dan putri. Penghargaan kepada kategori best sosial media dan kategori Duta GenRe Educate putra dan putri. Kepada pemenang diberikan tropi, uang pembinaan dan goody bag. (robi)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update