Notification

×

Iklan

April Ini, Kemensos Salurkan BLT Minyak Goreng, Begini Mekanismenya

Selasa, 05 April 2022 | 14:49 WIB Last Updated 2022-04-05T07:51:06Z

Ilustrasi.


Jakarta, Rakyatterkini.com - Kementerian Sosial (Kemensos) akan menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada masyarakat. 


Penyaluran ini akan digabung dengan bantuan lain seperti BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) dan program keluarga harapan (PKH).


Penebalannya nanti di program reguler Kemensos. Jadi pencairan BPNT, PKH nanti akan disatukan dengan BLT minyak goreng, ritmenya nanti akan seperti itu, kata Sekjen Kemensos Harry Hikmat, Selasa (5/4/2022).


Harry menuturkan besaran BLT minyak goreng ini Rp100 ribu dan akan diberikan secara sekaligus dalam tiga bulan yang meliputi bulan April, Mei dan Juni. Masyarakat yang memenuhi syarat akan diberikan bantuan senilai Rp300 ribu pada April 2022.


"Sekali cair Rp300 ribu. Hitungannya April, Mei, Juni. Tapi kebijakan ditarik ke bulan April sekali salur jadi Rp300 ribu," ujarnya, seperti dilansir detikcom.


Selain itu, Kemensos juga telah mendata para penerima BLT minyak goreng tersebut yakni 20,5 juta penerima. Ini terdiri dari 18,8 juta keluarga penerima BPNT dan 1,85 juta untuk keluarga penerima PKH.


Karena pencarian BLT minyak goreng berbarengan dengan BPNT Kemensos yang berjumlah Rp200 ribu di setiap bulannya, masyarakat nantinya akan menerima bantuan sebanyak Rp500 ribu pada April 2022. 


Selain itu, Harry menambahkan pemerintah juga akan menyalurkan BLT minyak goreng kepada 2,5 juta PKL. Menurut Harry, BLT minyak goreng untuk PKL akan disalurkan oleh TNI-Polri.


"BLT minyak goreng itu oleh TNI-Polri, seperti yang sudah terjadi sebelumnya waktu pemulihan akibat pandemi. Mereka (TNI-Polri) punya data juga, menjaring PKL, pedagang dan juga nelayan," pungkasnya. (*)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update