Notification

×

Iklan

Wawako Ramadhani Hadiri Pencanangan Kampung Pancasila Binaan Kodim 0309/Solok

Selasa, 15 Maret 2022 | 15:57 WIB Last Updated 2022-03-15T08:57:40Z

Wawako, dr. Ramadhani hadiri pencanangan Kampung Pancasila Binaan Kodim 0309/Solok.


Kota Solok, Rakyatterkini.com - Wakil Walikota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra, hadiri Pencanangan Kampung Pancasila Binaan Kodim 0309/Solok di Gurun Bagan, Kelurahan VI Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, Selasa  15 Maret 2022.


Dalam sambutannya  Wakwako menyampaikan, atas nama pemerintah daerah mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya dengan  pencanangan Gurun Bagan, Kelurahan VI Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah, sebagai Kampung Pancasila. 


'Kita semua penuh perbedaan, karena perbedaan itu penting. Tapi, bukan berarti harus bermusuhan. Nah, dengan perbedaan kita harus bersatu dan lebih rukun karena kita merupakan warga negara Indonesia yang terbingkai dengan bhinneka tunggal ika," ucap Wawako. 


Selanjutnya Wawako mengatakan bahwa dengan dicanangkannya Gurun Bagan Kelurahan VI Suku, sebagai Kampung Pancasila, diharapkan dapat menjadi contoh bagi kelurahan yang lain di Kota Solok. Karena di Kelurahan VI Suku terdapat bermacam keberagaman agama, suku, dan ras.


"Selamat untuk Gurun Bagan Sebagai Kampung Pancasila semoga semakin maju dan semakin makmur dengan masyarakat yang penuh perbedaan, tetapi satu sama lain selalu menjaga kerukunan umat," ucapnya. 


Sementara itu Dandim 0309/Solok Letkol ARM Hendrik Setiawan, S.E, mengatakan Kampung Pancasila adalah julukan untuk kelurahan yang dijadikan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila.


Latar belakang terbentuknya Kampung Pancasila adalah pertama menegakkan nilai-nilai Pancasila sebagi pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara, kedua sebagai contoh penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.


Ketiga sebagai contoh sikap toleransi antar umat beragama, keempat sebagai contoh hidup damai tanpa konflik meskipun terdapat perbedaan agama, suku, dan ras.


"Kelima adanya kerukunan dalam masyarakat di daerah yang dipilih sebagai Kampung Pancasila," ujarnya. 


Adapun tujuan dibentuknya Kampung Pancasila adalah untuk menciptakan suatu media pembelajaran pancasila bagi masyarakat luas. Juga semakin menumbuhkan kerukunan antar masyarakat, karena penduduknya beragam,  menanamkan nilai-nilai bhinneka tunggal ika.


Kemudian, untuk menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila Pancasila. Menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemimpin bangsa, yang telah berhasil menggali dan merumuskan pancasila sebagai dasar negara. 


Turut hadir dalam acara tersebut, Kapolres Solok Kota, AKBP Ferry Suwandi, S.Ik, Camat Lubuk Sikarah serta Lurah VI Suku, Anggota Kodim 0309/ Solok dan masyarakat. (Hardean)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update