Notification

×

Iklan

Hebat, Pemko Sawahlunto Diganjar Penghargaan Khusus Oleh Pemprov Sumbar

Senin, 28 Maret 2022 | 19:36 WIB Last Updated 2022-03-28T12:36:56Z

Walikota Sawahlunto, Deri Asta terima penghargaan khusus dari Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah (hms)


Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Kota Sawahlunto menjadi daerah dengan angka kemiskinan paling rendah di Indonesia pada tahun 2021. Keberhasilan kota wisata arang berbudaya di tingkat nasional dalam menurunkan angka kemiskinan itu kini, diapresiasi Pemprov Sumbar dengan memberikan penghargaan khusus.


Penghargaan khusus atas kesuksesan Kota Sawahlunto sebagai kota dengan angka kemiskinan paling rendah diserahkan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah kepada Walikota Sawahlunto Deri Asta, Senin 28 Maret 2022 di Padang, dalam kegiatan Musrenbang RKPD Provinsi Sumatera Barat. 


Turut menyaksikan penyerahan penghargaan kepada Kota Sawahlunto itu yakni Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Teguh Setya Budi.


Gubernur Mahyeldi menyampaikan selamat untuk Kota Sawahlunto atas pencapaian penurunan angka kemiskinan tersebut. Menurutnya, bukan pekerjaan yang mudah untuk mengendalikan angka kemiskinan. Apalagi, pada 2021 masih dalam situasi pandemi COVID-19 yang menyebabkan perlambatan pertumbuhan ekonomi.


"Keberhasilan Sawahlunto dalam menurunkan angka kemiskinan itu turut berkontribusi dalam merealisasikan visi-misi dan program unggulan Pemprov Sumbar. Jadi, kami mengapresiasi dan berterima kasih pada Sawahlunto," kata gubernur.


Walikota Sawahlunto, Deri Asta menyampaikan Kota Sawahlunto berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menjadi kota dengan angka kemiskinan paling rendah di Indonesia pada tahun 2021 dengan angka kemiskinan yaitu 2,38 persen.


"Terima kasih Pemprov Sumbar yang telah mengapresiasi keberhasilan angka kemiskinan paling rendah yang dicapai Sawahlunto dengan penghargaan khusus. Kami persembahkan penghargaan ini bagi seluruh masyarakat Sawahlunto dan semua pihak yang telah bekerja bersama, yang terlibat dalam menurunkan angka kemiskinan ini," kata Deri Asta.


Ia menyebutkan, untuk menjaga keberhasilan penurunan angka kemiskinan itu, Pemkot Sawahlunto akan mempertahankan dan meningkatkan kebijakan dan program terkait penanggulangan kemiskinan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sampai pemerintah desa dan kelurahan.


"Memang kunci penurunan kemiskinan itu adalah keterlibatan semua pihak dan program yang sinkron/sejalan dengan pemerintah pusat dan provinsi juga dengan desa, lurah sampai dusun atau RT/RW. Nah itu yang kita pertahankan dan tingkatkan sekarang. Sehingga, angka kemiskinan dapat semakin menurun," ujar Walikota Deri menjelaskan. (Hms/Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update