Notification

×

Iklan

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Terbitkan Buku Adat Salingka Nagari

Jumat, 01 April 2022 | 19:32 WIB Last Updated 2022-04-14T03:47:40Z

Kepala Disdikbud Agam, Isra.


Lubuk Basung, Rakyatterkini.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam kembali menerbitkan buku Adat Salingka Nagari.


Kepala Disdikbud Agam, Isra, mengatakan pihaknya kembali merilis buku Adat Salingka Nagari untuk 10 nagari.


“Total dari 82 nagari di Agam sudah 47 nagari yang memiliki dokumen tertulis seputar adat salingka nagari,” katanya, Kamis (31/3/2022).


Isra menjelaskan, buku Adat Salingka Nagari diharapkan dapat memperkaya khasanah kebudayaan di Kabupaten Agam.


“Buku ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi masyarakat di nagari, masyarakat Kabupaten Agam pada umumnya, dalam melestarikan adat istiadat salingka nagari,” jelasnya.


Buku-buku tersebut juga diharapkan menjadi motivasi bagi generasi muda untuk mencintai dan mempelajari norma-norma adat Minangkabau yang berlaku di nagari.


“Pengalaman dan norma- norma adat ini sangat perlu dalam pembentukan sebuah karakter generasi muda,” katanya.


Ditambahkan, buku Adat Salingka Nagari merupakan buah karya Disdikbud Agam bekerjasama dengan pemerintah nagari dan Ikatan Guru Penulis dan Penggiat Literasi (IGPPL) Kabupaten Agam.


“Kepada tim yang terlibat dalam penyusunan buku ini kami ucapkan terima kasih, semoga ke depan akan terbit buku-buku serupa di nagari-nagari yang lain, yang nantinya dapat menjadi aspirasi bagi generasi muda ke depan," katanya. (vn)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update