Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Camat V Koto Usung Goro Massal, 8 Nagari Dilibatkan

Senin, 14 Maret 2022 | 19:27 WIB Last Updated 2022-03-14T14:24:15Z

Camat V Koto, Firman Suheri.

Kampung Dalam, Rakyatterkini.com - Guna mewujudkan semangat gotong royong bersama masyarakat, Camat V Koto Kampuang Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, gagas sekaligus usung kegiatan itu dalam waktu dekat. 


Delapan nagari yang ada di kecamatan dilibatkan, termasuk jajaran di lingkungan kantor camat. Kegiatan itu  bertujuan menyambut bulan suci Ramadhan dan memperingati bulan gotong royong. 


Goro juga melibatkan warga. Ini bukti kalau camat mampu membudayakan goro di wilayah kecamatan itu.


Camat V Koto Kampuang Dalam, Firman Suheri menyebutkan, kegiatan tersebut melibatkan seluruh unsur masyarakat yang ada di 8 nagari. Adalah Nagari Campago, Nagari Campago Barat, Nagari Campago Selatan, Sikucur, Sikucur Barat, Sikucur Timur, Sikucr Tengah dan Sikucur Utara.


“Insya Allah, kegiatan ini akan kita lakukan pada hari Rabu 16 Maret secara serentak, guna membersihkan bahu jalan yang banyak di selimuti rumput dan ranting-ranting, serta parit,” sebut Firman Suheri, Senin (14/3) di Kantor Bupati Padang Pariaman.


Ia menyebutkan, gotong royong serentak itu juga membersihkan saluran air dan rumput liar di fasilitas umum. Agar menjaga kebersihan dan mencegah luapan air ke jalan yang dikarenakan pendangkalan parit.    


Menurutnya, goro sudah menjadi tradisi masyarakat di daerah ini. Dengan bergotong royong, dapat mewujudkan apa yang dikehendaki masyarakat. Selain itu, dengan adanya kegiatan tersebut, dapat mempererat dan memperkokoh silaturahmi, dan keakraban.


Ia menyebutkan, saat pandemi melanda masyarakat dan daerah, budaya gotong royong sudah mulai memudar. Terkait hal itu, pihaknya kembali membangkitkan semangat goro di tengah-tengah masyarakat, guna membersihakan fasiltas umum yang ada di daerah itu. (suger)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update