Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 1 Mei 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.787 105 101.335 2.347
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bupati Tanah Datar Optimis Baznas Capai Target

Kamis, 24 Maret 2022 | 14:34 WIB Last Updated 2022-03-24T07:34:06Z

Bupati Tanah Datar, Eka Putra pada penutupan Rakorda Baznas di Batusangkar.


Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Bupati Eka Putra, menyatakan siap mendukung Baznas Tanah Datar, untuk memenuhi target pendapatan zakat. Optimisme itu disampaikan orang nomor satu di bumi budaya dan sejarah tersebut, mengingat besarnya animo semua pihak, khususnya mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai program.


"Kita siap mendukung itu," tegas Bupati Eka Putra usai penutupan Rakorda Baznas yang diikuti ketua dan pengurus Baznas kabupaten/kota se-Sumatera Barat.


Turut hadir Ketua Baznas Provinsi Sumbar, Dr. H. Bukhari M, Plt. Kepala Dinas Sosial, H. Afrizon, Ketua Baznas Tanah Datar, Yasmansyah sebagai tuan rumah di Emersia Hotel Batusangkar, Rabu (23/3/2022)


Menurut bupati, target perolehan Rp440 miliar yang ditetapkan Baznas Republik Indonesia, untuk Baznas se-Provinsi Sumatera Barat, sangat kecil. Bila perlu, ditingkatkan lagi menjadi 200 persen.


Ia menyampaikan, pencapaian target pendapatan zakat  tergantung bagaimana pihak Baznas melakukan koordinasi dengan semua pihak. Sehingga, dukungan akan mengalir dan target bisa dicapai.


"Saya pribadi sebagai bupati siap mendukung Baznas Tanah Datar untuk memenuhi target pendapatan zakat. Karena, saya yakin Baznas kabupaten ini bekerja dengan ikhlas untuk membantu menyejahterakan masyarakat dengan berbagai programnya," ujarnya lagi. 


Guna meningkatkan pendapatan zakat, juga telah dilakukan dengan maksimal, berbagai ajakan dan imbauan. Selain itu, juga telah dilakukan agar masyarakat mau dan ikut menyalurkan zakatnya melalui Baznas. 


Bupati juga mengatakan, pengumpulan zakat Baznas Tanah Datar pada tahun 2021 mencapai Rp11 miliar rupiah, sementara targetnya hanya Rp9 miliar rupiah. 

 

Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah, menanggapi apa yang disampaikan bupati. Katanya, berdasarkan riset yang dilakukan Baznas RI, potensi zakat di kabupaten ini bisa mencapai Rp29 miliar. 


"Dari potensi itu, saat ini Rp11 miliar terkumpul di Baznas, sementara sisanya disalurkan sendiri oleh masing-masing muzaki," tutur  Yasmansyah. 


Terkait dengan rencana bupati yang akan mengusulkan kepada Baznas RI untuk menaikkan target pengumpulan zakat sebanyak 200 persen, Yasmansyah mengemukakan, pihaknya bisa melakukan secara bertahap. (farid)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update