Notification

×

Iklan

Walikota Tinjau Lahan Puskesmas di Tumpuak Tangah, Ada Apa Ya?

Selasa, 08 Februari 2022 | 16:11 WIB Last Updated 2022-02-08T09:11:22Z

Walikota Tinjau Lahan Puskesmas di Tumpuak Tangah, Ada Apa Ya
Wako Sawahlunto Deri Asta tinjau lahan untuk Puskesmas .
 

Sawahlunto,Rakyatterkini.com - Walikota Sawahlunto Deri Asta, meninjau proses pembukaan lahan (land clearing) untuk pembangunan Puskesmas di Desa Tumpuak Tangah, Kecamatan  Talawi, Selasa (8/2/2022).


"Alhamdulillah, pembukaan lahan sudah masuk dalam tahap penyelesaian. Pekan depan dijadwalkan selesai. Segera dilanjutkan dengan pembangunan sarana pendukung gedung Puskesmas," kata Walikota Deri Asta.

 

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta  meninjau lokasi tersebut bersama H. Idris dari PT. Miyor dan PT. AIC, Jhon Reflita dari CV. BMK, Nedi dari PT. CBP dan H. Jaswandi dari CV. PSPN, mereka merupakan para pengusaha tambang batu bara Sawahlunto yang membantu pembukaan lahan untuk Puskesmas tersebut.


"Kita menyampaikan terimakasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada teman-teman para pengusaha tambang yang telah mendukung penuh pembangunan Puskesmas ini. Bantuan alat berat, mobil truk sampai perlengkapan lain termasuk dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari para pengusaha tambang telah sangat berperan besar dalam pembukaan lahan ini," ujarnya lagi.


Ia menambahkan, itu menyikapi  arahan dari Presiden Joko Widodo agar dalam menghadapi kendala dan keterbatasan anggaran dimasa pandemi dalam membangun dilakukan dengan bergotong royong. Di Sawahlunto diterjemahkan  salah satunya pada pembangunan Puskesmas Tumpuak Tangah ini.


"Awalnya hampir terhambat pembangunan Puskesmas ini, karena secara anggaran di Pemko itu mengalami keterbatasan. Syukurlah rekan-rekan dari perusahaan tambang bersedia membantu Pemko dalam membuka dan mematangkan lahan," papar Deri.


Kemudian nanti untuk membangun gedung Puskesmas, anggota DPRD Sawahlunto dari Dapil II/Kecamatan Talawi sebanyak 6 orang telah sepakat untuk membangunnya dengan menggunakan dana pokok pikiran (Pokir).


Dikatakan, pembangunan Puskesmas Tumpuak Tangah ini adalah komitmen dalam  upaya  meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, terkhusus di Kecamatan Talawi.


“Saat ini jumlah penduduk kita di Kecamatan Talawi sudah hampir 20.000 jiwa. Sehingga dengan mempertimbangkan jumlah penduduk tersebut, sudah pantas bagi kita untuk menambah Puskesmas di sini. Agar lebih meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kesehatan  pada masyarakat,” kata Walikota.


Lahan untuk pembangunan Puskesmas Tumpuak Tangah ini berada di perbatasan antara Desa Tumpuak Tangah dengan Desa Kumbayau di Kecamatan Talawi,  luas lahan mencapai 6.800 m2.


Perwakilan pengusaha tambang H. Idris mengatakan, momen seperti ini merupakan wadah untuk menyalurkan bakti sebagai cerminan kepedulian untuk membangun sarana/fasilitas publik, yang bermanfaat bagi masyarakat banyak. 


“Pemko ingin membangun yang tentu tujuannya untuk dimanfaatkan masyarakat, yakni Puskesmas. Kami dari perusahaan-perusahaan tambang ini juga memiliki niat yang sama, yakni bagaimana berbuat dan bekerja untuk hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat. Maka itu kami turun bersama-sama membantu,” sebut H. Idris.


Sementara, Wakil Ketua DPRD Kota Sawahlunto Jaswandi mengapresiasi sinergitas dari Pemko dan perusahaan tambang tersebut. 


“Ini sangat bagus sekali, menunjukkan bahwa semua pihak memang perlu saling berperan dalam membangun kota ini," pungkasnya. (Hms/Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update