Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Tingkatkan Kemampuan, Pemkab Solsel Adakan Sosialisasi PBJ

Rabu, 09 Februari 2022 | 09:41 WIB Last Updated 2022-02-09T02:41:39Z

Sosialisasi pengadaan barang dan jasa.


Padang Aro, Rakyatterkini.com – Pemkab Solok Selatan melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa mengadakan sosialisasi bagi anggota DPRD, pelaku UMKM, asosiasi konstruksi, pokja, PPK dan PPTK di lingkungan Pemkab Solok Selatan.


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan ASN tentang proses pengadaan barang dan jasa pemerintah. Sekaligus untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam memahami prinsip-prinsip pengadaan barang dan jasa pemerintah, kebijakan serta perundang-undangan yang terkait dengan pengadaan barang dan jasa.


Kabag Pengadaan Barang dan Jasa, M Yudi, mengatakan berdasarkan Perpres Nomor 12 tahun 2021 tentang Perubahan atas Perpres No 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), melalui Perpres ini UMKM mendapatkan porsi 40% dari total nilai pengadaan barang dan jasa pemerintah.


Untuk melaksanakan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, maka pemerintah memprioritaskan penggunaan produk/jasa Usaha Mikro dan Usaha Kecil serta Koperasi dan pengaturan pengadaan jasa konstruksi yang Pembiayaannya bersumber dari APBN/APBD dalam Pengadaan Barang/Jasa.


Menurut salah seorang narasumber dari LKPP Ibu Debi Sandra, prinsip dasar pengadaan barang/jasa adalah efisien, efektif, terbuka dan bersaing, transparan, adil dan tidak diskriminatif, serta akuntabel. 


Oleh karena itu, prinsip dasar harus menjadi dasar hukum bagi para pihak penyedia dan pengguna, dan apabila tidak mengikuti prinsip dasar dimaksud akan berhadapan dengan penegak hukum.


Mujisantosa, narasumber dari LKPP mengatakan, salah satu cara yang paling produktif dalam memudahkan proses pengadaan barang/jasa dan mengurangi biaya adalah dengan melakukan konsolidasi pengadaan dalam hal waktu pengadaan, volume pengadaan, kelompok barang/jasa dan juga jumlah penyedia.  


Dengan melakukan konsolidasi maka akan menekan biaya/ongkos pemprosesan pengadaan mulai dari identifikasi kebutuhan sampai dengan penerimaan barang/jasa. (alwis)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update