Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 1 Mei 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.787 105 101.335 2.347
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Roadshow Prodi S1 Ilmu Biomedis ke SMU di Kota Padang

Selasa, 15 Februari 2022 | 17:36 WIB Last Updated 2022-02-15T10:36:44Z

Mahasiswa Prodi Ilmu Biomedis, bersama dosen pembimbing saat di SMA 3 Padang.

Padang, Rakyatterkini.com - Kemajuan bidang biomedis dan pengembangan metode, serta teknik diagnostik dan terapeutik yang baru, telah menyebabkan perubahan yang radikal dalam bidang kesehatan. 


Saat ini pengobatan sangat bergantung pada teknologi. Prosedur kesehatan lanjutan lebih banyak dilakukan oleh tim, bukan oleh klinisi secara individu. Tenaga ahli biomedis merupakan motor penggerak dalam evolusi sistem kesehatan. 


Indonesia sebagai negara dengan jumlah populasi keempat terbanyak di dunia, yaitu 258 juta jiwa masih belum optimal memanfaatkan bidang biomedis, sebagai salah satu sektor potensial penghasil pendapatan negara. 


Saat ini Indonesia baru memiliki tiga universitas negeri yang menyelenggarakan pendidikan tingkat sarjana terkait bidang biomedis. Namun itu semua lebih ke teknik biomedis dan di Fakultas kedokteran FK unand yang baru pertama kali murni sains Biomedis.


Sekitar 20 prodi S2 ilmu biomedis dan 10 prodi S3 Biomedis yang diselenggarakan oleh PTN dan PTS di Indonesia. Angka ini masih jauh kecil dibandingkan dengan negara lainnya untuk dapat menghasilkan tenaga-tenaga ahli biomedis yang handal.


Menilik kepada perkembangan ilmu biomedis yang pesat dimasa sekarang dan masa depan maka Fakultas kedokteran Universitas Andalas terpanggil untuk menyelenggarakan pendidikan tingkat sarjana ilmu biomedis. 


Pendidikan ini diharapkan dapat menghasilkan tenaga-tenaga ahli biomedis yang mampu mengisi dan menggerakan roda-roda industry kesehatan dan pelayanan kesehatan ke tingkat yang lebih baik lagi di Indonesia. 

Saat berada di SMA 5 Padang.

Program Studi S1 Biomedis adalah program studi terbaru di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan merupakan satu-satunya program studi Biomedis di Indonesia yang berada dibawah Fakultas Kedokteran. 


Program Studi S1 Biomedis berdiri tahun 2020 dan saat ini sudah mempunyai 2 angkatan mahasiswa (Angkatan 2020 dan 2021) dengan jumlah total 75 orang. Proses penerimaan mahasiswa melalui jalur yang sama dengan mahasiswa di prodi lainnya di Fakultas Kedokteran dan Universitas Andalas.


Dengan tujuan akhir mencapai kemandirian bangsa dalam penyediaan dan produk kesehatan, maka perlu bagi kami untuk lebih lebihmemperkenalkan program studi S1 Biomedis dan menitik beratkan pada memotivasi calon mahasiswa dalam pemilihan jenjang karir mereka nanti. 


Maka sejak 7 sampai 11 Februari 2022 dilaksanakan acara roadshow ke berbagai SMU Negeri yang ada di kota Padang, yaitu ke SMU 7, SMU 4, SMU 5, SMU 3 dan SMU 9. Sasaran sosialisasi program studi adalah murid IPA kelas XII di setiap SMU tersebut. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pengayaan pengetahuan tentang ilmu Biomedis dan diskusi interaktif.


Sosialisasi ini dilaksanakan langsung oleh mahasiswa yang dikoordinir komisaris tingkat Angkatan 2020 yaitu Abi Awfa Rahman Ananda didampingi dosen dan pengelola prodi lainnya. 


Dalam kesempatan tersebut, dua mahasiswa masuk ke setiap kelas dan menyampaikan informasi tentang program studi S1 Biomedis seperti fasilitas yang dipunyai, peluang kerja setelah tamat dan bagaimana kehidupan kampus yang sudah mereka jalani.

 

Para siswa pun aktif bertanya alasan kakak mahasiswa memilih program studi S1 Biomedis dan peluang pekerjaan setelah tamat. Ketua Program Studi S1 Ilmu Biomedis, menjelaskan bahwa lulusan kelak dapat bekerja di berbagai laboratorium kesehatan, laboratorium riset, laboratorium industri,  laboratory supervisor, sebagai peneliti, akademisi, dosen bahkan bioenterpreneurship. 


Dengan pesatnya perkembangan ilmu saat ini khususnya di bidang molekuler yang memang terkait erat dengan ilmu biomedis, maka peluang karir di masa depan terbuka lebar. Dan bila ingin melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sudah ada program pascasarjana yang linear yaitu S2 Biomedis dan S3 Biomedis. 


Dalam salah satu kunjungan ke SMU 3 Padang, kepala sekolah Dra Ifna Sukmi, M.Pd menyambut dengan baik program ini dengan harapan dapat meningkatkan motivasi siswa kelas XII untuk memilih jurusan di universitas yang memang diminatinya. 


Roadshow ke SMU di kota Padang baru dilaksanakan untuk pertama kalinya pada tahun 2022 ini. Besar harapan bahwa acara seperti ini akan rutin dilaksanakan setiap tahunnya sehingga masyarakat bisa lebih mengenal Fakultas dan program studi yang ada di Universitas Andalas umumnya dan S1 Biomedis khususnya. (Program Sarjana S1 Biomedis Fakultas Kedokteran Unand)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update