Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Peringatan HPN 2022, Jurnalis Pasbar Ketiban 'Durian Runtuh'

Rabu, 09 Februari 2022 | 20:20 WIB Last Updated 2022-02-09T13:20:53Z

Najjar Lubis, letakan batu pertama.

Pasbar, Rakyatterkini.com - Bertepatan dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-76, Rabu 9 Februari 2022, yang dipusatkan di Kendari Sulawesi Tenggara, justru wartawan Pasaman Barat ketiban 'durian runtuh'.


Seorang tokoh masyarakat Najjar Lubis, menghibahkan tanah dan sekaligus membuatkan gedung bertingkat dua yang diberi nama Gedung Serba Guna Wartawan dan LSM di Jalur 32 Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat. 


Bangunan itu diperkirakan menelan dana ratusan juta plus perabotan lengkap dalam gedung tersebut.


"Saya ingin para jurnalis dan LSM punya gedung di Pasbar untuk membangun silaturahmi dan kekompakan sesama jurnalis, karena jurnalis juga berperan membangun daerah agar lebih maju melalui karyanya, " kata Najjar Lubis saat memberikan sambutan pada peletakkan batu pertama pembangunan Gedung Serba Guna Wartawan dan LSM, Rabu 9 Februari 2022 di Simpang Empat.


Peletakan batu pertama itu dihadiri Dandim 0305 Pasaman Letkol Kav Hery Bakty, Kajari diwakili Kasi Intel Elianto, Kapolres diwakili AKP Zukri Ilham, Ketua Pengadilan Negeri Pasaman Barat, Bayu Soho Raharjo, tokoh masyarakat dan puluhan pada jurnalis yang bertugas di Pasaman Barat.


Najjar Lubis berkisah, dia menapak karir sebagai anggota TNI dari pangkat terendah yaitu Prada pada 1982 hingga purna bakti pada tahun 2000-an. Masa dinasnya dihabiskan di Bandung dan Padang.



Setelah tidak lagi berkarir di militer dia konsentrasi membangun kampung halaman di Aek Nabirong Silaping, Kecamatan Ranah Batahan, Pasaman Barat dengan berbagai usaha diantaranya sektor perikanan dan perkebunan. 


Jalan-jalan yang terisolir di kampungnya dibangun dengan swadaya sendiri. Sehingga Najjar Lubis di kampungnya disebut 'Bapak Pembangunan'.


"Alhamdulillah niat saya membangun kampung halaman setelah berhenti jadi anggota TNI tercapai secara bertahap," kisah Najjar.


Soal mendukung calon bupati atau pemerintah, kata Najjar dia sudah hampir 20 tahun mendukung kepala daerah, namun demikian dia belum berniat untuk terjun langsung ke dunia politik atau pun menjadi calon kepala daerah. 


"Saya berteman dengan siapa saja, kepala daerah, orang pemerintahan, termasuk wartawan atau pun LSM," kata dia.


Sekarang, imbuh Najar, dia ingin pun para wartawan ini punya kantor yang permanen. Karena wartawan juga punya peran dalam pembangunan daerah yang mesti diperhatikan.


"Niat saya ikhlas tanpa embel-embel, saya berniat jika suatu ketika saya sudah tidak di dunia ini lagi, ada yang akan dikenang orang," sebut Najjar.


Dandim 0305 Pasaman, Letkol Kav TNI Hery Bakty yang 'didaulat' memberikan sambutan memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap mantan anggota TNI tersebut.


"Beliau ini tokoh yang luar biasa yang memiliki niat yang mulia yang patut kita tiru," kata Hary.


"Tidak sembarang orang yang memiliki niat seperti beliau ini, semoga niat baik beliau ini membangun kampung halaman ini menjadi amal jariah hendaknya yang akan dikenang," ungkap Hary Bakti. 


Dia meminta agar para jurnalis Pasaman Barat menjaga kekompakan, sehingga sehingga satu tujuan untuk membangun daerah dan  menciptakan suasana daerah yang kondusif.


Yulison dan Roy, jurnalis Pasaman Barat juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas niat mulia serta kebaikkan  Najjar Lubis.


"Niat mulia itu kita sambut baik yang punya perhatian terhadap para jurnalis Pasaman Barat. Baru kali ini tokoh masyarakat yang peduli dengan jurnalis," kata dia.


Jika gedung ini selesai, imbuh Roy, tentu diharapkan dapat menjadi tempat silaturahmi dan mempersatukan visi dan misi wartawan Pasaman Barat dengan tujuan membangun Pasaman Barat sesuai dengan peran dan tugas masing-masing. (junir Sikumbang)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update