Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pemdes Tanjung Pauh, Dorong BUMDes Gerakkan Ekonomi Desa

Rabu, 23 Februari 2022 | 12:07 WIB Last Updated 2022-02-23T05:07:02Z

Pj Kades Tanjung Pauh, Rahmat Darmawan, memimpin rapat evaluasi program pemerintah desa.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Pauh, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuansing, terus mendorong pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).


Pj Kepala Desa Tanjung Pauh, Rahmat Darmawan, SP, kepada Rakyatterkini.com di kantornya Selasa 22 Februari 2022 mengatakan, pihaknya terus melakukan pembinaan kepada struktur pengelola untuk kemajuan BUMDes Tanjung Pauh Berlian. 


Menurut dia, Tanjung Pauh memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Selain terletak di Jalan lintas nasional, di desa ini juga ada beberapa perusahaan perkebunan dan pabrik kelapa sawit yang bisa bekerjasama dengan BUMDes.


Sebagian besar usaha masyarakat Tanjung Pauh didominasi perkebunan kelapa sawit baik budidaya maupun KKPA. Ini potensi desa yang utama, apalagi terdapat sejumlah perusahaan perkebunan dan pabrik kelapa sawit. Pontensi ini perlu dikembangkan," ujarnya


Dari peluang itu kata Rahmat, BUMDes bisa melakukan pengembangan usaha jual beli buah sawit milik masyarakat. Untuk menjaga stabilitas harga sawit petani, BUMDes bisa melakukan kontrak usaha dengan perusahaan pegolahan kelapa sawit yang ada di Tanjung Pauh.


Usaha ini dinilai akan memudahkan transaksi masyarakat karena perusahaan sawit cukup berhubungan dengan satu pihak saja yakni BUMDes sebagai perantara petani. Kalau peluang ini digarap dengan baik, selain mendatangkan keuntungkan bagi BUMDes juga bisa membantu petani itu sendiri. 


"Selain jual beli buah sawit, BUMDes juga bisa menggarap peluang usaha pedagangan pupuk dan alat pertanian. Ini juga sangat pontesi karena kebun petani itu pasti butuh pupuk. Jadi kalau ingin maju dan berkembang, saya yakin BUMDes Tanjung Pauh Berlian ini bisa karena potensi masih banyak," tuturnya. 


Maka itu, Rahmat Darmawan selaku penjabat kepala desa terus melakukan pembinaan dan mendorong agar BUMDes milik desa Tanjung Pauh itu lebih maju. 


Seperti masalah kredit macet pada usaha perkreditan barang sebelumnya dijalankan BUMDes sudah mendapatkan solusi bekerjasama dengan KUD.


"Alhamdulillah kredit itu kini mulai lancar karena kita gandeng KUD untuk melakukan pemotongan angsuran yang macet itu. Jadi memang saya lagi gencar menggerakkan kemauan BUMDes untuk kemajuan. Yang pasti Pemdes Tanjung Pauh serius mendukung BUMDes baik dalam permodalan maupun pembinaan," ungkapnya.


Ia menambahkan, selain pengembangan BUMDes, melalui Pendapat Asli Desa (PADes) yang sudah dimasukkan ke APBDes 2022, Pemdes Tanjung Pauh juga akan menjalankan beberapa kegiatan pembangunan infrastruktur berupa semenisasi jalan desa dan peningkatan saluran drainase.


Dibangunnya infrastruktur ini didasari musyawarah desa dengan pertimbangan kebutuhan pembangunan infrastruktur, seperti jalan semenisasi dan saluran drainase sangat diperlukan, karena memiliki peran penting dalam menunjang kelayakan hidup masyarakat di desa. 


"Semua PADes yang dimiliki desa Tanjung Pauh ini kita masukkan ke APBDes. Seperti yang bersumber dari Tanah Kas Desa (TKD) dan bantuan pihak ketiga semua kita tuangkan ke APBDes. Salah satunya, PADes tahun ini kita manfaatkan untuk pembangunan semenisasi dan drainase.


Kegunaan drainase selain menghindari banjir dengan mengendalikan kelebihan air pasca hujan, drainase juga berfungsi mengalirkan air ke badan air terdekat. 


Begitupun jalan semenisasi juga sangat dibutuhkan untuk memudahkan mobilitas pengguna jalan dan memperlancar aktivitas masyarakat," pungkasnya. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update