Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pagelaran Seni SMAN 1 Sawahlunto Meriah

Minggu, 06 Februari 2022 | 17:48 WIB Last Updated 2022-02-06T10:58:35Z

Usai pagelaran seni, siswa SMAN 1 Sawahlunto foto bersama.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sawahlunto gelar pentas seni (Pensi) Sabtu (05/2/2022)  di lapangan sekolah itu. Kegiatan tersebut dilaksanakan sekali setahun,  guna  menambah  bobot  nilai siswa   yang akan lulus.

 

Kepala SMAN 1 Sawahlunto, Jafrizal, mengemukakan pagelaran ini untuk menumbuhkan rasa percaya diri, terutama sekali kala  tampil di depan teman sekelas ,guru  dan masyarakat umum.  


Menumbukan aktivitas  dalam berkarya melalui kesenian, sambungnya, juga melatih kekompakan serta menumbuhkan rasa ingin tahu serta bakat yang    dimiliki siswa.  


"Pagelaran ini diikuti seluruh kelas, terbagi dari 7 kelompok terdiri dari 3 Jurusan IPS dan 4 jurusan IPA," sebutnya lagi.

 

Ditambahkan, kegiatan Pensi bertujuan untuk menumbuhkembangkan bakat dan minat siswa menjadi insan yang terampil dalam seni dan berbudaya baik serta berakhlatul kharimah.


"Kita selalu berharap setiap siswa-siswi harus berjiwa seni yang baik. Jika seseorang punya jiwa seni, tingkah lakunya baik dan sopan, maka inilah yang jadi harapan," ungkap Jafrizal.

 

Sementara Guru Seni Budaya, Lulu Patricia Laser, S.Pd., menyebutkan kegiatan Pensi yang telah berlangsung  saat ini, merupakan upaya penerapan teori mata pelajaran seni budaya di sekolah yang dinilai dalam ujian praktik kelas 12 mata pelajaran seni budaya.


Hal ini dapat dipresentasikan dari berbagai hasil karya seni yang ditampilkan para siswa seperti, lagu-lagu, tari-tarian, musik kerawitan, band, teater, dan lainnya. 


Selain itu, juga untuk meningkatkan apresiasi siswa terhadap hasil karya seni dan budaya daerah.

Ekin Rezky Sinulingga, salah seorang perserta yang bergabung tim kelas XII MIPA 3, menyebutkan, kegiatan Pensi SMAN 1 Sawahlunto menjadi wadah bagi para siswa-siswa  untuk mengekspresikan diri melaui nilai seni yang ada di dalam diri mereka. (Abdi/Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update