Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 1 Mei 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.787 105 101.335 2.347
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Musrenbang Menjadi Media Interaktif bagi Stakeholders

Rabu, 16 Februari 2022 | 13:28 WIB Last Updated 2022-02-16T06:28:19Z

Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra buka Musrenbang Kota Solok 2023.


Solok, Rakyatterkini.com - Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, membuka Musrenbang Kota Solok Tahun 2023 tingkat kecamatan, yang bertempat di Aula Kantor Camat Tanjung Harapan Kota Solok, Rabu (16/2/2022)


Wawako mengatakan, Musrenbang tingkat kecamatan merupakan forum antar pelaku pembangunan, dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Solok 2023.


Menurutnya Musrenbang ini adalah amanat dari Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang memadu serasikan usulan pembangunan dari kelurahan dengan perencanaan dari masing-masing perangkat daerah untuk menjadi bahan rencana kerja perangkat daerah. 


Di samping itu, pelaksanaan musrenbang ini menjadi media interaktif bagi segenap stakeholders, untuk menetapkan program dan kegiatan kecamatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program/kegiatan tahun anggaran berikutnya.


Dijelaskan Wawako, penyusunan perencanaan pembangunan daerah, dilakukan oleh pemerintah daerah bersama para pemangku kepentingan, berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing untuk menghasilkan perencanaan yang partisipatif dengan mengintegrasikan rencana pembangunan daerah.


Wawako berharap pelaksanaan Musrenbang dapat mencerminkan semangat musyawarah yang bersifat partisipatif dan dialogis, serta ajang yang bersahabat bagi warga masyarakat dalam menyuarakan aspirasi dan kebutuhannya, serta menetapkan prioritas program dan kegiatan pembangunan.


Musrenbang tingkat kecamatan ini adalah lanjutan dari pelaksanaan musrenbang kelurahan. Hasil rekapitulasi dari pelaksanaan musrenbang kelurahan yang sudah diinput secara online melalui aplikasi E-planing harus menjadi dasar dalam pelaksanaannya sehingga tercipta sinergitas dan sinkronisasi pembangunan.


Wawako menerangkan 2023 merupakan tahun kedua pelaksanaan RPJMD Kota Solok Tahun 2021-2026. Dalam upaya pencapaian visi pembangunan jangka menengah Kota Solok 'Terwujudnya Kota Solok yang diberkahi, Maju dan Sejahtera melalui Pengembangan Sektor Perdagangan dan Jasa yang Modern'. (hardean)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update