Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Musrenbang 2023 Tingkat Kecamatan Dibuka, Ayo Wujudkan RPJMD Kota Solok

Selasa, 22 Februari 2022 | 20:38 WIB Last Updated 2022-02-22T13:40:24Z

Wawako Solok buka Musrenbang 2023 tingkat kecamatan dibuka.
 

Kota Solok, Rakyatterkini.com - Wakil Walikota Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra, membuka musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Kota Solok Tahun 2023 Tingkat Kecamatan, di Aula Kantor Camat Lubuk Sikarah, Selasa (22/2).


"Musrenbang tingkat kecamatan merupakan forum antar para pelaku pembangunan dalam rangka menyusun rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Kota Solok Tahun 2023," tutur Wako Ramadhani.


Disebutkan, pelaksanaan Musrenbang ini menjadi media interaktif bagi segenap stakeholders untuk menetapkan program dan kegiatan kecamatan, sekaligus rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program/kegiatan tahun anggaran berikutnya.


"Juga merupakan bentuk komitmen bersama antara para pemangku kebijakan daerah dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan akuntabel,” jelasnya.


Tidak saja itu, sambung Wawako, pelaksanaan Musrenbang juga dapat mencerminkan semangat musyawarah bersifat partisipatif dan dialogis. Kemudian, ajang yang bersahabat bagi warga masyarakat dalam menyuarakan aspirasi dan kebutuhannya, serta menetapkan prioritas program dan kegiatan pembangunan.


”Musrenbang tingkat kecamatan ini adalah lanjutan dari pelaksanaan musrenbang kelurahan. Hasil rekapitulasi dari pelaksanaan musrenbang kelurahan yang sudah diinput secara online, melalui aplikasi E-planing harus menjadi dasar dalam pelaksanaan musrenbang tingkat kecamatan. Sehingga, tercipta sinergitas dan sinkronisasi pembangunan mendukung prioritas daerah tahun 2023," paparnya.


Dijelaskan, tahun 2023 merupakan tahun kedua pelaksanaan RPJMD Kota Solok tahun 2021-2026. Upaya pencapaian visi pembangunan jangka menengah Kota Solok, terwujudnya Kota Solok yang diberkahi, maju dan sejahtera melalui pengembangan sektor perdagangan dan jasa yang modern.


Tema RKPD Kota Solok yahun 2023 ini adalah peningkatan kualitas pelayanan dasar masyarakat, pengembangan ekonomi kerakyatan dan perbaikan tata kelola pemerintahan. Ini sejalan dengan sasaran pokok RPJPD dan isu strategis dalam RPJMD, dimana prioritas pembangunan Kota Solok tahun 2023 adalah, penguatan lembaga keagamaan dan rumah ibadah, optimalisasi revitalisasi dan penataan kawasan pasar, peningkatan daya saing produk usaha mikro.


"Lalu, peningkatan SDM pelaku usaha ekonomi mikro dan ekonomi kreatif serta lainnya," pungkas Wawako seraya menambahkan menjamin akses pelayanan kesehatan dan peningkatan pelayanan pendidikan, serta pelayanan dasar lainnya bagi semua masyarakat, peningkatan infrastruktur perkotaan berwawasan lingkungan dan penataan struktur birokrasi melalui evaluasi dan penataan Organisasi perangkat daerah. (hardean)





IKLAN



×
Berita Terbaru Update