Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Syaiful Ardi, Sosok nan Dirindukan Masyarakat Pessel

Selasa, 22 Februari 2022 | 23:01 WIB Last Updated 2022-02-22T16:01:10Z

Syaiful Ardi, Mantan Anggota DPRD Sumbar.


Painan, Rakyatterkini.com - Sosok dan figur Syaiful Ardi, Mantan Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Hanura, yang kini dosen di Universitas Eka Sakti (Unes) Padang itu, masih didambakan masyarakat berjuluk Ranah Pasisie itu.


Seperti pengakuan salah seorang ninik mamak, Aidul, 51, dari Ranah Pasisie, Balai Selasa mengemukakan, kalau Syaiful Ardi patut menjadi pemimpin lagi, apalagi kakok dingin tangannya terbukti saat ia menjadi wakil rakyat. Kata alim ulama dan cadiak pandai ini, sebagai pemimpin yang baik bukan hanya dilihat dari seberapa lama ia memimpin.


"Namun, melainkan seberapa banyak ia mampu menciptakan sosok pemimpin yang baru, serta gelar akademiknya," tutur Aidul lagi.


Ia menambahkan, semua setuju jika figur yang dicari adalah yang diinginkan masyarakat. Bukan hanya itu, juga dibutuhkan daerah, terutama sekali dalam mengelola daerahnya.


"Kita tidak boleh punya pemimpin yang tidak cerdas. Yang tidak bermoral dan jauh dari rakyat. Karena itu, kita perlu figur yang cerdas, sekaligus bermoral dan dekat dengan rakyat. Kami sebagai niniak mamak sangat merindukan pemimpin seperti Syaiful Ardi itu," ujarnya.


Syaiful Ardi punya figur yakni, orang yang jujur, dipercayai dan bisa diteladani oleh rakyat, sekaligus memiliki kecerdasan intelektual yang memadai . 


"Jadi, kita tidak saja memerlukan pemimpin yang bermoral, tapi sekaligtus cerdas," paparnya.


Bila pandangan ini disandingkan dengan prasyarat menemukan pemimpin menurut agama, lanjutnya, maka ada empat kriteria mencari pemimpin yang baik.


Pertama harus memiliki Sifat Siddiq, yaitu jujur, konsisten dan dapat dipegang kata-katanya.  Kedua, amanah yaitu layak dipercaya dan atau memiliki track-record yang baik.


Ketiga, tabliq yaitu mampu berkomunikasi publik dengan baik, sehingga dapat menjalankan fungsi menyampaikan pesan dan sekaligus layak dipanuti.


Keempat, fathona yaitu cerdas dalam berbagai hal. "Jadi, banyak hal yang harus dipenuhi," ulasnya. (baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update