Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 1 Mei 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.787 105 101.335 2.347
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Kabar Gembira, Sawahlunto Ditetapkan Jadi Pusat Pelatihan Mekanik Otomotif Alat Berat

Rabu, 16 Februari 2022 | 10:17 WIB Last Updated 2022-02-16T03:17:24Z

Walikota Deri Asta saat mendampingi tim Kementerian Tenaga Kerja.


Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Sawahlunto ditetapkan sebagai tuan rumah untuk Satuan Pelayanan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas di bawah wilayah kerja (UPT) Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kelas I Padang.


Hal ini disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMTSP-Naker) Sawahlunto, Dwi Darmawati kepada Rakyatterkini.com melalui pesan WhatsApp, Selasa 15/2/2022.


Menurut Dwi Darmawati, sebelumnya Pemko Sawahlunto sudah menghibahkan lahan lokasi pembangunan Workshop Otomotif Alat Berat tersebut seluas 3 ha dan dua bangunan kantor.


Penetapan Sawahlunto sebagai Lokasi Satuan Pelayanan Vokasi dan Produktivitas merupakan tindak lanjut dari kunjungan Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Binalavontas) Kemnaker RI, Budi Hartawan pada bulan Agustus tahun 2021 silam.


Budi Hartawan datang ke Sawahlunto guna meninjau lokasi pembangunan Workshop Otomotif Alat Berat, yang akan dibangun oleh Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia.


"Kita akan berikan suport penuh kepada Pemko Sawahlunto, "tegas Budi Hartawan saat menerima hibah lahan dan bangunan dari Pemko Sawahlunto untuk dikelola Kemnaker RI sebagai pusat pelatihan terpadu, bagi calon-calon tenaga kerja bidang otomotif alat berat.


Satuan Pelayanan Pelatihan ini nantinya berbentuk Balai Latihan kerja (BLK)/workshop dengan dua kejuruan yaitu Kejuruan Otomotif Operator Alat Berat dan Kejuruan Otomotif Mekanik Alat Berat yang keberdaannya menjadi satu-satunya untuk Wilayah Sumatera, Indonesia Bagian Barat.


"Di Indonesia Workshop (BLK) Otomotif Alat Berat ini hanya ada satu yakni di Samarinda, Kalimantan, dan untuk Indonesia Bagian Barat, Insya Allah akan kita bangun di kota Sawahlunto." janji saat itu.


Sementara itu Walikota Sawahlunto Deri Asta yang dihubungi Rakyatterkini.com, menyampaikan terima kasih kepada Dirjen Binalavotas, Budi Hartawan yang begitu cepat tanggap terhadap proposal yang disampaikan Pemko Sawahlunto.


"Hanya dalam hitungan bulan, Bapak Dirjen langsung merealisasikan proposal yang disampaikan Pemko Sawahlunto, terimakasih Bapak Dirjen," ucap Deri Asta.


Workshop Mekanik Otomotif Alat Berat di Sawahlunto ini adalah merupakan satu-satunya pusat pelatihan yang ada di Sumatera, lanjutnya.


"Workshop Mekanik Otomotif Alat Berat ini merupakan bagian dari program kita membangun Technopark Parambahan Sawahlunto, yang merupakan Pusat Balai Latihan Kerja Terpadu," pungkas Deri Asta. (Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update