Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 27 Juni 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.841 21 101.470 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Ide Brilian Bupati Solsel, PTPN VI Dukung Koneksivitas Jalan Dua Provinsi

Jumat, 04 Februari 2022 | 20:42 WIB Last Updated 2022-02-04T13:42:31Z

Bupati Solsel, Khairunas foto bersama dengan Dirut PTPN VI.
 

Solok Selatan, Rakyatterkini.com - Guna peningkatan koneksivitas ruas jalan yang menghubungkan 4 kabupaten/kota di Provinsi Sumbar dan Jambi, Bupati Solok Selatan, Khairunas meminta dukungan pekerjaan peningkatan jalan kepada PTPN VI.


Misalnya, ruas jalan yang menghubungkan Solok Selatan ke Dharmasraya tersebut, sepanjang 9,08 Km diantaranya berada di dalam HGU PTPN VI di Solsel. Sehingga membutuhkan persetujuan dari perusahaan pelat merah itu. 


"Pada prinsipnya kita meminta dukungan dan persetujuan dari PTPN VI untuk meningkatkan kualitas dan memanfaatkan jalan perkebunan yang sudah ada," ujar bupati dalam pertemuannya bersama Direktur PTPN VI di Jambi. 


Turut hadir Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi, Sekdakab Dr. Syamsurizaldi, beserta sejumlah OPD. Di samping itu, juga hadir Wakil Walikota Sungai Penuh, Provinsi Jambi Alvia Santoni, serta Asisten II Setdakab Yefrinaldi.


Bupati menambahkan, dengan adanya jalan tembus tersebut akan menghemat rute perjalanan hingga 217,5 Km. Jika diambil jalan berputar ke Lubuk Selasih Solok, jarak tempuhnya mencapai 318 Km. Sedangkan jalur Sungai Sungkai - Sungai Rumbai diperkirakan hanya sejauh 100,5 Km. 


Jalan tersebut katanya juga akan memperpendek jarak dan waktu dari Kota Sungai Penuh serta Kabupaten Kerinci menuju Jalan Lintas Barat di Dharmasraya. Serta akan menghubungkan Solok Selatan dan beberapa daerah lainnya dengan jalur exit tol Rengat - Dharmasraya yang direncanakan akan dibangun di Sungai Rumbai. 


Menanggapi itu, Direktur PTPN VI M Iswan Achir menyampaikan dukungannya atas rencana peningkatan jalan tersebut. 


"Kita juga bersemangat untuk membantu menuntaskan peningkatan jalan ini dalam waktu sesingkat-singkatnya," ujar Iswan. 


Selanjutnya dalam surat pernyataan yang ditandatanganinya, Iswan juga menyatakan dukungan dan ikut memberikan izin untuk peningkatan pembangunan jalan pada ruas jalan yang melewati HGU PTPN VI. 


Sementara itu, Wakil Walikota Sungai Penuh Alvia Santoni mengatakan bahwa  konektivitas antar daerah sangat dibutuhkan untuk kemajuan sebuah daerah. 


Dengan adanya rencana ruas tersebut, katanya akan memperlancar arus lalu lintas antar daerah, sehingga bisa mendukung pengembangan potensi-potensi ekonomi yang ada. 


"Ini ide brilian dari Bupati Solok Selatan dan jajarannya. Dan ini akan kami dukung penuh dalam pelaksanaannya. Dan  terima kasih juga  atas respon dan dukungan dari PTPN VI," terangnya. 


Senada dengan itu, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Yefrinaldi mengatakan, bahwa Pemkab dan Bupati Dharmasraya juga sangat mendukung rencana konektivitas melalui jalan tembus ini. 


"Pada dasarnya kita meningkatkan ruas jalan yang telah ada. Dan ini juga akan berdampak positif terhadap perusahaan yang dilewati. Kita siap berkolaborasi untuk meningkatkan konektivitas antar daerah dengan memanfaatkan rencana jalur exit tol nantinya," pungkasnya. (Alwis))




IKLAN



×
Berita Terbaru Update