Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

HUT ke-41 PTBA, 45 Ribu Bibit Ikan untuk Warga Sawahlunto

Selasa, 22 Februari 2022 | 19:52 WIB Last Updated 2022-02-22T13:03:05Z

Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti bersama GM PTBA, Yulfaizon  di sela-sela penyerahan bibit ikan untuk warga kota.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Sedikitnya, 45 ribu bibit ikan diberikan PTBA kepada warga Kota Sawahlunto. Bibit itu disebar di sepanjang aliran sungai, pada 20 titik kelompok masyarakat, Selasa 22 Februari 2022 di Lapangan Segitiga.


General Manager PTBA Ombilin Yulfaizon mengatakan, bantuan ikan  yang diberikan tersebut terdiri dari ikan nila, ikan garing dan ikan mas, dimana semua ikan itu untuk disebar atau dipelihara di sungai. 


"Penyerahan bantuan bibit ikan ini dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) PTBA ke-41. Selain bantuan bibit ikan yang kita serahkan tadi, besok kita akan memberikan bantuan sembako untuk masyarakat pra-sejahtera," kata Yulfaizon.


Ia merinci ada empat kelurahan dan lima desa yang menerima bantuan bibit ikan yang penyerahannya secara simbolis dilaksanakan bersama Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti, di Kelurahan Tanah Lapang.


"Untuk desa itu kelompok-kelompok masyarakat di Desa Kubang Tangah, Desa Kubang Utara Sikabu, Desa Rantih, Desa Kolok dan Desa Muaro Kalaban. Kemudian Kelurahan itu adalah Air Dingin, Tanah Lapang, Pasar dan Kubang Sirakuk Utara," ujar Yulfaizon merinci.


Ditambahkan, untuk bibit ikan nila dibagikan sebanyak sepuluh ribu ekor. Kemudian, ikan mas sebanyak lima belas ribu ekor dan ikan garing sebanyak dua puluh ribu ekor.


"Harapannya ini membantu menumbuhkan perikanan, sekaligus mendorong ekonomi produktif masyarakat. Juga ini dalam memotivasi masyarakat menjaga kelestarian sungai. Karena, kalau tidak dijaga sungainya tentu ikan yang dilepas ini bisa mati tidak jadi dipanen," kata Yulfaizon.  


Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti mengapresiasi dan berterima kasih kepada PTBA atas bantuan-bantuan yang diberikan itu.


"PTBA kembali menunjukkan bakti atau kepeduliannya untuk masyarakat Sawahlunto. Ini juga mendukung program Pemko Sawahlunto dalam meningkatkan sektor pertanian dan perikanan, terima kasih PTBA," kata Wawako.


Wawako Zohirin Sayuti berpesan kepada kelompok masyarakat penerima bantuan bibit ikan itu, untuk dapat menjaga dan memelihara ikan tersebut di sungai  dengan baik. Sehingga, dapat berumur panjang dan sampai dipanen, sekaligus tujuan dan manfaat bantuan dapat tercapai.


"Mungkin ini lebih mudah daripada merawat ikan dalam kolam. Kalau di sungai kan airnya sudah jelas ada terus mengalir, mungkin tinggal bagaimana menjaga kebersihan dan beberapa hal lain saja," kata Wawako Zohirin. (Hms/Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update