Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Dua Tahun Absen, Pacu Jawi Hadir Lagi di Tanah Datar

Minggu, 06 Februari 2022 | 15:03 WIB Last Updated 2022-02-06T08:03:58Z

Alek pacu jawi (sapi). (prokopim)


Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Gara-gara pandemi corona, dua tahun pacu jawi (sapi) di Tanah Datar terhenti. Kini, alek nagari yang dinantikan itu hadir lagi. 


Pacu jawi pertama dilaksanakan di sawah Siadaulu, Jorong Mandaliko Nagari Labuah, Kecamatan Lima Kaum, Sabtu (5/2/2022). 


Even ini sudah lama dinantikan pagelarannya oleh masyarakat, pecinta pacu jawi, wisatawan dan para fotografer, kata Bupati Tanah Datar, diwakili Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Abdul Hakim.


Dikatakan Abdul Hakim, pacu jawi mampu menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menyaksikan langsung karena memiliki keunikan tersendiri.


Keunikan pacu jawi terletak pada penilaiannya, dimana sapi yang bagus adalah yang mampu berlari lurus, bukan yang tercepat sehingga ajang ini jauh dari perjudian, katanya yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar. 


Kemudian, tambah Hakim, dengan berbagai manfaat bagi masyarakat, tentunya even yang telah terhenti hampir dua tahun belakangan karena pandemi Covid-19, bisa dilaksanakan kembali secara rutin. 


Dengan berbagai manfaat even pacu jawi, di samping budaya tradisi yang harus dipertahankan juga sebagai wadah silaturahmi, mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, sebagai hiburan, serta meningkatkan harga jual sapi, Insya Allah akan dilaksanakan kembali di tahun ini. 


Namun karena pandemi Covid-19 masih ada, kata Hakim lagi, dalam pelaksanaan even tetap mengedepankan dan melaksanakan protokol kesehatan.


Wali Nagari Labuah Edi Neldi Khatik Muncak Rajo mengatakan, pacu jawi merupakan alek nagari yang sudah lama dirindukan masyarakat, alek ini sempat terhenti akibat mewabahnya Covid-19.


"Alhamdullilah, dukungan bersama kegiatan ini bisa kembali digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” katanya. 


Ia juga mengungkapkan kebanggaan, karena Nagari Labuah menjadi lokasi pertama  sekaligus sebagai tempat pembukaan even pacu jawi. (*) 



IKLAN



×
Berita Terbaru Update