Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

23 Unit Lewat Program Bedah Rumah Diresmikan Wabup, Baznas Hebat!

Kamis, 24 Februari 2022 | 19:53 WIB Last Updated 2022-02-24T12:59:34Z

Tanda kunci diserahkannya 3 unit rumah untuk warga di Pasbar.


Simpang Empat, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) lewat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), meresmikan 23 unit bedah rumah program rumah tidak layak huni (RTLH) periode tahun 2021 se-kabupaten anyar itu, Kamis (24/2) di Nagari Persiapan Ophir, Kecamatan Luhan Nan Duo.


Peresmian bedah rumah ditandai dengan penyerahan secara simbolis kunci oleh Wakil Bupati Pasbar, Risnawanto kepada pemilik rumah.


Peresmian juga dihadiri Ketua DPRD Pasbar Erianto, Sekdakab Hendra Putra, Staf Ahli Adrianto, Asisten I Setdakab, Setia Bakti, Ketua TP-PKK Ny. Titi Hamsuardi, Ketua GOW Ny. Fitri Risnawanto, Ketua Baznas Muhajir, Pimpinan Komisioner, kepala OPD, perwakilan Kemenag, unsur Forkopimca, Camat Luhak Nan Duo Resta Amelda Putri, walinagari, jorong, ninik mamak, alim ulama, dan stakeholder terkait lainnya.


Wakil Bupati Risnawanto menyampaikan, ucapan terimakasih kepada Baznas yang telah sukses dalam melaksanakan kegiatan bedah rumah program RTLH tersebut.


"Terimakasih kepada pihak Baznas yang telah sukses dalam pelaksanaan program ini. Mari kita dukung Baznas dalam hal pengumpulan dan pendistribusian zakat, bedah rumah ini merupakan salah satu wujud kerja nyata dalam pengelolaan zakat ASN," ungkap Risnawanto.


Dijelaskannya, kegiatan ini dibiayai oleh Non APBD yakni zakat dari  6000-an ASN Pasbar. Kegiatan lain seperti Jumat Berkah yang sudah dijalankan di beberapa tempat, dimana infaq dikumpulkan dari beberapa OPD dan masyarakat kemudian disalurkan kepada yang berhak menerima.


"Bersama Forkopimda, Pemda dan Baznas akan bertekad mencari sumber pemasukan lain untuk dikelola Baznas berupa zakat, infaq dan sedekah dari pihak ketiga, yakni masyarakat dan perusahaan yang ada di Pasbar," lanjutnya.


Hal serupa juga disampaikan Ketua DPRD Pasaman Barat Erianto, yang mengatakan sangat mendukung kegiatan tersebut. Ia sebagai wakil rakyat berharap, kegiatan ini harus tetap berjalan dan merata di setiap kecamatan yang ada.


"Kami selalu mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Baznas, tepatnya Baznas membantu Pemda dan juga membantu masyarakat yang berhak menerima (Mustahik)," kata Erianto.


Ia juga berharap kepada Baznas, agar menyalurkan zakat sesuai dengan aturan Syar'i dan peraturan yang berlaku. Terutama, penyaluran zakat konsumtif pada bulan Ramadhan mendatang.


Sementara itu, pada kesempatan yang sama Ketua Baznas Pasaman Barat Muhajir, menyampaikan kegiatan ini merupakan upaya pembuktian kepada para Muzakki (ASN) terkait penyaluran zakatnya.


"Kami berusaha untuk menjaga kepercayaan para Muzakki terkait penyaluran zakatnya. Dimana pada priode tahun 2021 lalu Baznas sudah membedah 23 unit rumah yang tersebar di 11 kecamatan se Pasbar," ungkap Muhajir.


Pada program lain, juga sudah beberapa kali dilakukan pendistribusian zakat. Seperti Program Pasbar Cerdas (Beasiswa) kepada beberapa mahasiswa Pasbar dalam dan luar daerah, program Pasbar Sehat berupa bantuan biaya berobat, Program Pasbar sejahtera berupa bantuan modal usaha dan Program Dakwah dan Advokasi yakni bantuan operasional guru MDA, pembinaan Muallaf dan lain sebagainya.


"Terimakasih kami ucapkan kepada Pemda, ASN, masyarakat, pihak DPRD dan lain sebagainya yang telah membantu dan memberikan kepercayaan kepada Baznas, untuk mengumpul dan mengelola zakat hingga tersampaikan kepada Mustahik", jelas Muhajir.


Sementara itu, salah seorang penerima bantuan yakni Ustadz Darwin, mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk harmonisasi antara Pemda Pasbar dengan masyarakat. Ia berharap, hendaknya semakin banyak warga yang terbantu sebab rumah menjadi salah satu kebutuhan mendasar bagi masyarakat.


"Ucapan terimakasih kami kepada Pemda Pasbar, atas program ini, kami sangat terbantu, dimana sebelumnya rumah kami tidak layak huni menjadi layak huni. Semoga, kedepan semakin banyak warga lainnya yang terbantu," ucap Ustad Darwin.(Robi)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update