Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

163 Usulan Nagari pada Musrenbang Kecamatan Bukit Sundi

Kamis, 10 Februari 2022 | 20:28 WIB Last Updated 2022-02-10T13:30:45Z

Staf Ahli Bupati, Mulyadi Marcos pada Musrenbag Kecamatan Bukit Sundi.

Kabupaten Solok, Rakyatterkini.com - Sedikitnya, 163 usulan dari pemerintahan nagari masuk kepada pemerintahan Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok, guna dibahas dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) 2022 ini. 


Demikian dikemukakan Camat Bukit Sundi, Efyardi di aula kantor camat setempat, Kamis (10/2/2022). Dalam kesempatan itu, hadir Staf Ahli Bupati Epyardi Asda Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan dan SDM, Mulyadi Marcos.


Menurut camat, sebelum dilakukannya Musrenbang, terlebih dahulu dilaksanakan musyawarah rencana pembangunan di tingkat nagari. Secara umum, infrastruktur masih mendominasi usulan, di samping berbagai kebutuhan pembangunan lainnya.


"Jadi, hari ini kita bahas bersama guna merumuskan kebutuhan pembangunan tingkat kecamatan, juga dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah 2023," sebut Camat Efyardi.


Sementara itu, Staf Ahli Bupati, Mulyadi Marcos mengemukakan, agenda Musrenbang ini penting, lantaran berkaitan dengan mewujudkan visi dan misi bupati, terutama sekali menyangkut prinsip anggaran berbasis kebutuhan rakyat.


"Kita akan mendiskusikan bersama apa saja kebutuhan yang diperlukan dalam perencanaan pembangunan untuk ke depannya," tutur staf ahli bupati.


Ia menambahkan, sebelum mengajukan usulan harus bisa memilih mana yang menjadi kewenangan di tingkat kecamatan, dan mana yang menjadi kewenangan di tingkat nagari. Pada saat ini, dapat dilihat dari APBD pusat terdapat penurunan dana.


"Makanya, diharapkan kepada pemerintah nagari untuk dapat berkreasi dan berinovasi, khususnya untuk meningkatkan pendapatan nagari masing-masing,” Ujar Mulyadi menambahkan. 


Ia juga menjelaskan, saat ini Bupati Solok Epyardi memiliki program pengadaan excavator di tiap kecamatan. Bupati berharap keberadaan excavator dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya.


Turut hadir dalam acara tersebut, kepala OPD terkait, walinagari Se-Kecamatan Bukit Sundi, Forkompimcam Bukit Sundi, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (Hardean)









IKLAN



×
Berita Terbaru Update