Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Payung Ceper itu Kini tak Tegak Lagi

Kamis, 27 Januari 2022 | 00:15 WIB Last Updated 2022-01-26T17:29:17Z

Satpol PP Kota Padang bersama Dinas Pariwisata di Muaro Lasak.


Padang, Rakyatterkini.com - Mendadak wajah Pantai Padang, khususnya sekitar kawasan Muaro Lasak Purus, Kota Padang, berubah drastis. Tak ada penggalas kaki lima, tak ada lapak-lapak, sampai payung ceper pun benar-benar ceper alias tak tegak lagi.


Sepertinya kakok dingin orang nomor satu di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Mursalim, betul-betul dingin. Ia bersama personelnya sukses mengubah wajah pantai itu, bersih, ramah, sejuk, aman, nyaman dan tenteram. Sangat elok sekali bila sore hari dihabiskan waktu seraya menanti sunset tiba bersama keluarga.


"Alhamdulillah, sejak dibersihkan, tak ada lagi pedagang, lapak-lapak dan payung ceper," ujar Mursalim kepada Rakyatterkini.com, Rabu (26/1/2022).


Kegiatan pengawasan itu merupakan salah satu langkah Satpol-PP dalam pencegahan dan tindak lanjut penertiban yang dilakukan beberapa waktu yang lalu, sela Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Kota Padang, Edrian Edward.


Sementara itu, Kepala Seksi Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Kota Padang, Tri Pria Anugrah, mengatakan bahwa Dinas Pariwisata, masih sedang merancang bentuk pengelolaan dan penataan PKL yang ada di kawasan Pantai Muaro Lasak. 


"Penataan dan pengelolaan PKL yang ada di pantai Muaro Lasak, akan dilakukan secara bertahap, nanti akan kita lihat apakah akan berbentuk kawasan wisata kuliner atau bagaimana, nanti akan kita tinjau dan evaluasi dulu," ucapnya. 


Lebih lanjut Tri menjelaskan, dalam jangka pendek, pihaknya masih berupaya untuk menyelesaikan persoalan sampah yang kerap ditemukan berserakan di kawasan wisata Pantai Muaro Lasak. 


"Persoalan sampah di Pantai Muaro Lasak ini, sebenarnya sudah secara rutin dilakukan pembersihan oleh Dinas Lingkungan Hidup, namun meskipun sudah dibersihkan, sampah masih terus muncul, lantaran terbawa ombak dan gelombang," ungkapnya.


Oleh karena itu, Tri mengatakan, dalam kegiatan pengawasan yang dilakukan pihaknya bersama Satpol PP Kota Padang, juga memasang 9 buah papan yang berisi imbauan dan larangan untuk membuang sampah di kawasan wisata Pantai Muaro Lasak.


"Melalui pemasangan papan imbauan dan larangan itu, kami berharap para pengunjung, maupun PKL, dapat mematuhi dan bersama-sama menjaga kebersihan pantai, dan juga lokasi tempat berjualan serta tidak membuang sampah sembarangan, tukuknya. (Yos)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update