Notification

×

Iklan

Mahyeldi Dukung Peluncuran Taksonomi Hijau Indonesia

Kamis, 20 Januari 2022 | 15:13 WIB Last Updated 2022-01-20T08:13:14Z

Presiden Joko Widodo saat meluncurkan Taksonomi Hijau.

Padang, Rakyatterkini.com - Presiden Joko Widodo meluncurkan Taksonomi Hijau yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam peluncuran itu, Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi hadir secara daring, di ruang Studio Vidcon Istana Gubernuran, Kamis 20 Januari 2022.


OJK telah merampungkan pembentukan Taksonomi Hijau yang nantinya akan digunakan sebagai pedoman penyusunan kebijakan untuk memberikan insentif di bidang ekonomi hijau. Ini disampaikan oleh Ketua Dewan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso. 


Wimboh juga mengatakan, pertumbuhan pasar modal Indonesia sudah kembali pulih. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSGM) bahkan sudah melampaui level bahkan sebelum pandemi. 


"Dengan berbagai kebijakan, pasar modal sudah mulai bangkit seperti sebelum Covid-19 bahkan lebih tinggi. Indeks harga saham telah mencapai 6.693,40 per 14 januari 2022 angka ini jauh meningkat levelnya dari sebelum pandemi, "ungkapnya. 


Ini menunjukkan prospek fundamental ekonomi Indonesia sudah bagus dan ditunjukkan oleh PDB yang sudah lebih baik. Wimboh juga mengatakan IHSG sempat mencapai level terendah pada 24 Maret 2020 lalu yaitu berada di sekitar 3.900.


Presiden Joko Widodo mengatakan, hingga saat ini indikator perekonomian Indonesia terus mengalami perbaikan. Di samping itu, ia pun sepakat sistem keuangan harus tetap terjaga dengan baik, guna mencegah dinamika kehidupan yang tidak pasti seperti kelangkaan pangan, inflasi, kenaikan pangan.


“Tahun 2022 akan menjadi momentum (pemulihan ekonomi) oleh karena itu, Kebijakan dan instrumen pengawasan yang dikeluarkan OJK, harus mampu mencegah meluasnya dampak pandemi Covid-19, khususnya terhadap perekonomian dan sektor keuangan serta dapat membantu sektor UMKM agar dapat membantu tumbuh melahirkan inovasi," imbuh beliau. 


Gubernur Sumbar, Mahyeldi, usai peluncuran menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas peluncuran Taksonomi Hijau Indonesia. Menurutnya dokumen ini sangat perlu disegerakan guna mendukung Green Economy dan memfasilitasi sektor usaha ramah lingkungan yang berhak mendapatkan pembiayaan hijau.


Turut hadir dalam acara ini Presiden Joko Widodo, seluruh Anggota Dewan Komisioner OJK, Anggota DPR/MPR, Pimpinan Kementerian/Lembaga Negara, Gubernur Sumatra Barat, Buya Mahyeldi, Pimpinan Lembaga Industri Jasa Keuangan (IJK), dan pemangku kebijakan strategis lainnya. (via/mmc)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update