Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 3 Juni 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.828 45 101.434 2.349
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Luar Biasa, BUMDes Amanah Sejahtera Sungai Buluh Miliki Aset Rp30 Miliar

Sabtu, 29 Januari 2022 | 07:38 WIB Last Updated 2022-01-29T00:38:12Z

Warga menghadiri MPTB BUMDes Amanah Sejahtera.


Kuansing, Rakyatterkini.com - Luar biasa. Sebuah badan usaha milik desa mampu meraup laba bersih Rp902 juta, pada tahun buku 2021.


Badan Usaha Milik Desanya adalah, BUMDes Amanah Sejahtera Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuansing, Riau. Selain meraup laba bersih ratusan juta, pada tahun buku 2021, BUMDes ini mampu menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp108 juta.


Ini hasil 7 unit usaha yang dijalankan pengelola BUMDes tersebut. 


Direktur BUMDes Amanah Sejahtera, Junaedi, pada acara musyawarah pertanggungjawaban tahunan BUMDes (MPTB), di Gedung Serba Guna Desa Sungai Buluh, mengatakan, sumbangan untuk PADes itu adalah pembagian 12 persen dari total laba BUMDes tahun buku 2021 sebesar Rp902 juta. 


Kades Sungai Buluh, Imam Suroyo.

"Pendapatan laba ini meningkat jika dibanding tahun buku 2020 hanya Rp687 juta, yang mana pada tahun buku 2021 ini BUMDes Amanah Sejahtera miliki laba Rp902 juta, sehingga bisa sumbang PADes Rp108 juta. Alhamdulillah mengalami peningkatan," ujar Junaedi, Rabu 26 Januari 2022.


Dikatakan, kemajuan BUMDes tidak terlepas dari kerjasama yang baik dari semua pihak, terutama kepada masyarakat sebagai pemanfaat usaha pinjam dan pengguna jasa dari berbagai usaha yang dijalankan BUMDes. 


Untuk itu, ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi demi kemajuan dan kelancaran BUMDes Amanah Sejahtera.


Hadiah grandprize 5 unit sepeda motor.

Imam Suroyo, Kades Sungai Buluh yang juga pembina BUMDes Amanah Sejahtera, mengungkapkan, pada awalnya permodalan BUMDes ini dari bantuan keuangan Provinsi Riau tahun 2008 sebesar Rp500 juta melalui program pemberdayaan desa berupa UED-SP, yang berganti menjadi BUMDes pada tahun 2015.


Dalam perjalanannya, BUMDes Amanah Sejahtera terus menggalang modal dalam bentuk usaha simpanan pokok dan simpanan sukarela, serta cadangan modal yang dialokasikan setiap akhir tahun. 


Sampai saat ini BUMDes sudah memiliki berbagai jenis usaha meliputi, usaha simpan pinjam, BRILink, perkreditan barang, penjualan TBS, penjualan pupuk, penjualan LPG dan usaha pertashop.


Dikatakan pria yang akrab disapa Mbah Imam ini, dalam menjalankan usahanya, BUMDes Amanah Sejahtera setiap bulan telah menyumbang pajak sebesar Rp1 miliar dari total nilai aset sebesar Rp30 miliar. 


BUMDes Amanah Sejahtera Desa Sungai Buluh.

Aset itu terdiri dari modal cadangan dan piutang dari 2,000 orang penabung melalui unit usaha simpan pinjam yang nilainya mencapai Rp24 miliar. 


"Alhamdulilah, Desa Sungai Buluh ini sudah desa mandiri karena IDM-nya sudah cukup. Mungkin di Provinsi Riau ada delapan desa mandiri secara keseluruhan. Dan khusus di Kuansing untuk yang pertama IDM desa mandiri yaitu Desa Sungai Buluh. Untuk itu, kami berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung kemajuan sungai buluh," ungkapnya.


Sementara itu, Camat Singingi Hilir, Risman Ali, menyampaikan apresiasi kepada Pemdes Sungai Buluh dan pengelola BUMDes Amanah Sejahtera yang telah berhasil mengelola BUMDes dengan baik, sehingga menjadi contoh bagi desa lainnya.


Acara MPTB yang dihadiri Asisten II Setkab Kuansing, Kadinsos PMD dan sejumlah pejabat lainnya itu, dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada pemenang undian grandprize 5 unit sepeda motor, serta ratusan pemenang undian doorprize dengan hadiah berbagai macam barang perabotan rumah tangga, peralatan elektronik dan peralatan pertanian. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update