Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Agam Butuh Dukungan Tokoh Adat untuk Membangun Nagari

Kamis, 27 Januari 2022 | 20:25 WIB Last Updated 2022-01-27T13:25:36Z

Bupati Agam, Andri Warman bersama tokoh adat.


Maninjau, Rakyatterkini.com – Kabupaten Agam miliki 82 nagari definitif dan 23 nagari persiapan, yang butuh dukungan dari tokoh adat untuk melakukan pembangunan di berbagai lini.


Itu dikatakan Bupati Agam, Andri Warman saat menghadiri pelantikan pengurus KAN Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Kamis 27 Januari 2022.


"Walaupun  pemerintahannya bagus, tanpa peran ninik mamak akan sulit dalam memajukan nagari, apalagi Kabupaten Agam yang cukup luas ini, "kata bupati lebih lanjut.


Bupati berharap, KAN terkhusus KAN Paninjauan yang baru saja dilantik, untuk buat program kerja dalam memajukan nagari masing-masing.


“Kita harapkan programnya sejalan dengan program Pemkab Agam, agar apa yang dilaksanakan bisa sinkron dalam memajukan daerah ini, ”jelas Andri Warman lagi. 


Lebih lanjut dijabarkanya, berbagai program unggulan dengan harapan didukung penuh oleh lembaga nagari.


“Ada berbagai program unggulan yang kita laksanakan terutama terkait pendidikan, salah satunya menyangkut ada istiadat,” katanya lagi.


Sementara itu, Ketua KAN Paninjauan, Ediwar Dt Kayo mengatakan, pengembangan seni budaya memang menjadi salah satu program kerjanya bersama pengurus lainnya.


“Kita berkomitmen bagaimana seni budaya di Paninjauan ini dapat berkembang, sehingga harus ada regenerasi untuk melestarikannya ke depan,” katanya.


Menurut Ediwar, di Paninjauan berkembang berbagai seni budaya, diantaranya seni budaya seperti silek, tambua tansa, talempong uwaik-uwaik dan lainnya. Dan hal Ini  perlu lebih dikembangkan lagi dan dilestarikan pada generasi muda.


“Seni budaya perlu regenerasi supaya ndak lakang dek paneh, ndak lapuak dek hujan. Artinya seni budaya ini jangan sampai pudar akibat perubahan zaman, ”katanya. (Vn)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update