Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 3 Juni 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.828 45 101.434 2.349
sumber: corona.sumbarprov.go.id

12 Ribu Anak Penghafal Alquran, Siswa SD Ikuti Lomba

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:48 WIB Last Updated 2022-01-25T15:48:45Z

Pelajar SD ikuti lomba cerdas Alquran.


Tanah Datar, Rakyatterkini.com - Kemajuan teknologi saat ini harus diiringi dengan iman dan akhlak. Tapi, tidak terfokus pada hafalan Alquran semata, namun juga salat lima waktu tidak boleh ditinggalkan. 


Demikian disampaikan Bupati Tanah Datar, Eka Putra saat menyaksikan lomba cerdas Alquran siswa sekolah dasar, di Indo Jolito Batusangkar, Selasa 25 Januari 2022.


Dikatakan bupati, cerdas Quran atau lomba yang hampir sama dengan cerdas cermat, bedanya cerdas Quran lebih relijius, seperti hafalan ayat-ayat Suci Alquran, nama surat, terjemahan ayat, posisi ayat, sejarah Islam, hingga hafalan ayat itu sendiri. 


Jika pada saat tampil ini anak-anak harus berani, jangan takut dan mental harus kuat karena kalau tidak akan mempengaruhi saat menjawab soal. 


Bupati sampaikan kepada guru-guru untuk meningkatkan hafalan Alquran peserta didik, mental tampil juga harus dilatih. 


Di Tanah Datar lebih kurang 12 ribu anak sudah penghafal Alquran. Bupati berharap dengan program cerdas Alquran ini dapat meningkatkan pemahaman peserta didik, penguasaan dan hafalan terus bertambah dan ini juga sudah sesuai dengan filosofi Minangkabau, Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).


Bupati akan memberi hadiah atau reward bagi yang juara dan mewakili Tanah Datar ke tingkat provinsi, dan reward tambahan jika berhasil pula juara di tingkat provinsi. 


"Saat saya tanya pada peserta bahkan sudah banyak yang hafizh 6 juz, tapi yang tampil prima dan jadi juara justru yang hafiz 3 juz, "ucapnya. (farid) 



IKLAN



×
Berita Terbaru Update