Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 13 Januari 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
89.881 13 87.714 2.154
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Wujudkan Visi Misi, Kades Widi Cahyono Bangun Objek Wisata Taman Hutan Desa

Sabtu, 04 Desember 2021 | 12:06 WIB Last Updated 2021-12-04T05:06:32Z

Pembangunan taman wisata hutan desa Kuantan Sako sedang dikerjakan.


Kuansing, Rakyatterkini.com - Pemerintah Desa Kuantan Sako, Kecamatan Logas Tanah Darat, Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau, memanfaatkan lahan aset desa menjadi sebuah destinasi pariwisata hutan desa.


Kepala Desa (Kades) Kuantan Sako, Widi Cahyono, mengatakan, pembangunan wisata hutan desa ini bertujuan untuk melestarikan keanekaragaman hayati dan memberdayakan perekonomian masyarakat.


Selain itu, menurut dia, taman hutan desa ini bermanfaat menjaga kualitas lingkungan desa. Dengan pemanfaatan lahan kosong untuk penghijauan juga dapat menjaga keseimbangan ekosistem unsur sosial, budaya di pedesaan.


Program wisata desa ini, kata Widi, selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan juga mengacu pada visi dan misi Kepala Desa Kuantan Sako, masa jabatan 2018-2024, yang mana pembangunan dilakukan secara bertahap. 


Ia menuturkan, pengembangan taman wisata hutan desa ini dialokasikan untuk pembangunan sarana prasarana dalam lokasi taman hutan seperti tempat parkir, tempat jogging, air mancur, area kuliner dan penanaman ribuan batang bibit dari berbagai jenis pohon hutan dan pohon buah. 


Dengan dibukanya taman wisata hutan desa di lahan seluas 7 hektare ini, lanjut Widi, diharapkan nanti memberikan dampak positif bagi masyarakat. Tahun 2022, Pemdes Kuantan Sako kembali mengalokasikan anggaran untuk melanjutkan pengembangan pembangunan obyek tersebut. 


"Pembangunan taman wisata hutan desa ini adalah untuk kepentingan suluruh masyarakat Kuantan Sako. Tanpa dukungan dan peran serta dari masyarakat tentu semua ini tak bisa terwujud. Dan Alhamdulilah masyarakat di Desa Kuantan Sako mendukung.


Dengan adanya obyek ini, tidak hanya membuka peluang usaha bagi masyarakat, tapi juga berfungsi sebagai tempat olahraga. Karena area taman nanti dilengkapi dengan fasilitas itu. Taman hutan desa akan dipenuhi oleh pohon dan tanaman buah, sehingga suasana segar dan sejuk," ungkap Widi Cahyono, Jumat 3 Desember 2021.


Sementara itu, Kadis Pariwisata Kuansing, Indra Suandy, mendukung penuh program Pemdes Kuantan Sako dalam mengembangkan potensi wisata di desa tersebut untuk menunjang perekonomian masyarakat tempatan. 


"Pemkab Kuansing dalam hal ini Dinas Pariwisata tentu sangat mendukung pengelolaan potensi pariwisata desa. Potensi-pintesi yang dimiliki oleh desa, khususnya sektor pariwisata kalau dikembangkan dan dikelola dengan baik tentu bisa berdampak pada perekonomian masyarakat," katanya. 


Namun demikian, diakui Indra Suandy, membangun pariwisata tidak bisa dalam waktu singkat karena membutuhkan biaya tidak sedikit dan waktu yang panjang. Selain itu, katanya, berhasilnya suatu desa wisata sangat ditentukan dari dukungan dan peran serta aktif masyarakat itu sendiri dalam memajukan pariwisata.


"Memang membangun suatu objek pariwisata tidak mudah. Itu membutuhkan komitmen yang kuat, waktu panjang dan dana yang tidak sedikit. Namun, kita terus dorong supaya setiap potensi pariwisata yang ada di desa terus dikembangkan. 


Dan untuk percepatan pembangunan objek wisata hutan desa ini, kita di Dinas Pariwisata siap membantu memfasilitasi pemerintah desa untuk mencari sumber anggaran di Kementerian terkait," ungkapnya. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update