Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Tiga Menteri dan Kapolri Tinjau Pelabuhan Merak

Rabu, 22 Desember 2021 | 16:14 WIB Last Updated 2021-12-22T09:14:27Z

Kapolri bersama menteri saat meninjau Pelabuhan Merak.


Jakarta, Rakyatterkini.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, bersama menteri terkait meninjau Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (22/12/2021). 


Mereka mengecek kesiapan Operasi Lilin jelang masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), di antaranya Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.


Peninjauan itu untuk memastikan kesiapan seluruh pihak dalam menghadapi pergerakan masyarakat di periode Nataru. Begitu juga penerapan protokol kesehatan (prokes), agar tidak terjadi lonjakan laju pertumbuhan Covid-19 pasca-Nataru.

 

Saat mengecek Pelabuhan Merak dan Bakauheni, para menteri dan kapolri juga memantau pos pengamanan dan pos pelayanan bagi masyarakat yang hendak beraktivitas saat Nataru. 


Menurut Kapolri Jenderal Listyo Sigit, kedua pos itu, harus bekerja secara maksimal dalam memastikan pelayanan dan pengecekan terkait protokol kesehatan. Tak hanya itu, harus disiapkan antisipasi apabila terjadi kemacetan atau antrian panjang. 


Dalam perjalanan Nataru, masyarakat harus mengikuti persyaratan yang ditentukan, mulai dari sudah vaksin dosis kedua dan menyertakan hasil negatif dari swab antigen ataupun RT-PCR.


Apabila, masyarakat tidak dapat menyertakan hal itu, maka pos pelayanan yang ada, telah menyiapkan gerai vaksin dan gerai Swab Antigen. Bahkan, disediakan pula tempat isolasi sementara apabila didapatkan hasilnya positif. Yang nantinya, setelah ditempatkan di isolasi sementara, warga akan diteruskan ke Rumah Sakit (RS) rujukan atau yang sudah disiapkan. 


Selain meninjau, rombongan menteri dan kapolri juga memberikan pengarahan terhadap pejabat daerah setempat. Mereka menekankan untuk bekerja semaksimal mungkin agar tidak terjadi lonjakan pertumbuhan Covid-19 usai Nataru. 


Pada kesempatan itu, agar pos pelayanan tidak hanya tersedia di atas kapal. Namun, juga disiapkan di titik-titik terjadinya antrian masyarakat. Sigit juga menekankan untuk mewaspadai lonjakan penumpang di malam hari. 


Kepada seluruh pejabat daerah, untuk betul-betul melakukan akselerasi vaksinasi Covid-19. Lantaran, dari laporan yang diterimanya, masih ada beberapa kabupaten yang belum mencapai angka vaksinasi 70 persen. (yos)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update