Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 13 Januari 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
89.881 13 87.714 2.154
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Peran LKAAM Sangat Penting dalam Pembangunan Ranah Minang

Kamis, 16 Desember 2021 | 16:21 WIB Last Updated 2021-12-16T09:21:03Z

Mubes ke XII Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat.


Padang, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah membuka Mubes ke XII Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat, Kamis 16 Desember 2021.


Mahyeldi mengatakan LKAAM sebagai lembaga adat memiliki peran strategis dalam mewujudkan masyarakat Minangkabau yang maju dan mandiri, dalam nuansa falsafah "Adat basandi Syara’dan Syara’basandi kitabullah".


Pemprov Sumbar sangat merasakan manfaat dan fungsi dari LKAAM, dalam rangka percepatan pembangunan. Ini terbukti dari begitu banyak permasalahan yang baru akan tuntas ketika sudah ada partisipasi aktif para tokoh adat terutama dalam urusan sako pusako, kata Mahyeldi Dt. Marajo.


Tidak semua persoalan dapat dituntaskan melalui pendekatan hukum dan pemerintahan, ada kearifan lokal yang itu hanya bisa diselesaikan melalui peran tokoh adat (ninik mamak).


Terkait dengan pemilihan Ketua LKAAM Sumbar, Gubernur Mahyeldi berharap semoga seluruh tahapan dapat berjalan dengan lancar dan yang terpenting siapapun nantinya yang terpilih akan berdampak positif untuk Sumatera Barat.


Gubernur menyatakan, perkembangan zaman telah menekan atau mengurangi minat generasi muda untuk memahami tatanan adat dan budaya minangkabau, ini tentu menjadi tanggung jawab kita bersama bagaimana mencarikan formula yang tepat.


Sementara itu, Ketua LKAAM Sumbar M. Sayuti, Datuak Rajo Pangulu, mengatakan Musbes ke XII LKAAM Sumbar ini merupakan musyawarah tertinggi dalam rangka pemilihan Ketua dan perumusan keputusan tertinggi.


Agenda Musbes meliputi fungsi kepengurusan lima tahun ke depan, laporan kegiatan pengurus yang lalu, dan laporan program kerja lima tahun ke depan, ucap Dt. Rajo Pangulu. (nov)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update