Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 13 Januari 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
89.881 13 87.714 2.154
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pengabdian Parasitologi FK Unand, Meningkatkan Peran Guru dalam Pencegahan Protozoa Usus di SDN X Lambung Bukit

Jumat, 10 Desember 2021 | 19:31 WIB Last Updated 2021-12-10T12:31:46Z

Ketua Pengabdian Masyarakat Bagian Parasitologi, Fakultas Kedokteran Unand, Dr. Hasmiwati, M.Kes menyerahkan penghargaan pada pimpinan SDN X Lambung Bukit.

Padang, Rakyatterkini.com - Protozoa usus merupakan sekelompok parasitusus yang dapat menyebabkan berbagai macam gejala atau keluhan pada saluran cerna. 


Demikian disampaikan Dr. Hasmiwati, M.Kes, ketua Pengabdian Masyarakat Bagian Parasitologi, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang, saat melakukan kegiatan di SDN X Lambung Bukit, Pauh, Padang.


Terdapat berbagai jenis protozoa usus yang sering ditemukan yaitu Entamoebahistolytica, Giardia lamblia, Blastocystishominis, Cryptosporidium parvumdll. Parasitinihidup di dalam usus manusia dan dapat menyebabkan diare, disentri, perut kembung dan berbagai gejala saluran cerna lainnya. 


Dikatakan, berdasarkan pemeriksaan tinja siswa SDN X Lambung Bukit yang sudah dilakukan oleh staf pengajar Bagian Parasitologi FK Unand ditemukan beberapa siswa yang positif mengandung protozoa usus.


Foto bersama majelis guru.

Untuk itu, Bagian Parasitologi melakukan kegiatan lanjutan pengabdian masyarakat mandiri untuk meningkatkan peran serta guru dalam pencegahan penyakit akibat protozoa usus ini. 

 

Sebelumnya, 27 November 2021, Bagian Parasitologi FK Unand yang diketuai Dr. Hasmiwati, M.Kes melakukan edukasi dan berbagi informasi kepada guru-guru di SDN X Lambung Bukit, untuk pengenalan mengenai protozoa usus, akibat yang ditimbulkan, cara penularan dan cara pencegahannya. 


Kegiatan tersebut dilakukan kepada guru, dengan harapan akan dapat meneruskan informasi ini kepada siswa maupun orang tua siswa. Kegiatan ini dihadiri oleh 15 orang guru siswa SDN X Lambung Bukit. Selama kegiatan majelis guru cukup antusias, terlihat dengan banyaknya pertanyaan yang diberikan. 


Kegiatan dimulai dengan kata sambutan dari ketua Tim Pengabdian Masyarakat Bagian Parasitologi FK Unand dan kata sambutan dari Wakil Kepala Sekolah SDN X Lambung Bukit, kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh Dr. dr. Nurhayati, M.Biomed, serta diskusi dan tanya jawab. 


Dr. dr. Nurhayati, M.Biomed menyampaikan protozoa usus dapat menular secara fekal-oral, sehingga menjaga hiegyne dan sanitasi sangat diperlukan untuk pencegahan penularan penyakit ini.


Anggota tim pengabdian memaparkan materi.

Kebiasaan buang air besar di jamban, mencuci tangan dan memtong kuku harus selalu diingatkan kepada siswa, serta harus memperhatikan sumber air minum, dan kebersihan makanan yang dikonsumsi. 


Kepala sekolah SDN X Lambung Bukit Ibu Anifirda, S.Pd serta majelis guru menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Bagian Parasitologi FK Unand ini. 


Tim pengabdian yang terdiri dari semua staf pengajar beserta tendik Bagian Parasitologi FK Unand, mahasiswa S1 Pendidikan dokter dan mahasiswa S1 Biomedis. 


Semua rangkaian kegiatan yang dilakukan tim pengabdian ini dapat berjalan dengan lancar berkat bantuan wakil kepala sekolah, Seri Marlina beserta majelis guru SDN X Lambung Bukit. 


Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu bagian dari tridarma perguruan tinggi. Melalui kegiatan ini diharapkan perguruan tinggi dalam hal ini Bagian Parasitologi FK Unand dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya masyarakat di  Kelurahan Lambung Bukit yang terletak berdekatan dengan kampus Unand.  


Dengan adanya sambutan yang baik dari pihak sekolah, Bagian Parasitologi berharap kegiatan pengabdian di sekolah ini dapat berlanjut pada tahun berikutnya, yang akan memberikan manfaat yang nyata, baik bagi pihak sekolah, maupun murid dan orang tua murid. (rel/gp)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update