Notification

×

Iklan

Pemko Sawahlunto Kucurkan Rp2,6 Miliar untuk Kelompok Tani dan Peternak

Selasa, 28 Desember 2021 | 06:39 WIB Last Updated 2021-12-27T23:39:24Z

Wako Deri Asta, serahkan bantuan buat kelompok tani dan peternak. (Riswan Idris/Rakyatterkini.com)


Sawahlunto, Rakyatterkini.com  -  Pemko Sawahlunto memberikan bantuan ternak dan sarana pertanian, kepada kelompok tani. Diserahkan secara simbolis di Desa Talawi Hilir, Senin 27 Desember 2021.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto Heni Purwaningsih, mengatakan bantuan ternak dan sarana pertanian itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Sawahlunto, APBD Provinsi Sumatera Barat, Dana Pembantuan Satuan Kerja (Satker) 08 dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian Pertanian.

 

"Dari APBD Kota Sawahlunto besaran bantuan sarana pertanian sejumlah Rp1.324.164.000, ditambah bantuan ternak sejumlah Rp360 juta. Kemudian dari APBN Kementerian Pertanian sejumlah Rp557.600.000, ditambah bantuan ternak sejumlah 20 ekor sapi," kata Heni. 


Heni menambahkan, kemudian dari Dana Tugas Pembantuan Satker 08 sejumlah Rp800 juta. Setelah itu dari APBD Provinsi Sumbar untuk ternak dan perikanan sejumlah sembilan kelompok tani dan satu kelompok pengawas. 


"Kalau kita total jumlah seluruhnya bantuan yang diserahkan ini berjumlah Rp2.681.764.100. Untuk bantuan ternak berupa sapi, kambing dan itik itu sebanyak 10 kelompok dan ikan sebanyak satu kelompok, "ujar Heni menjelaskan.


Heni merinci bantuan dari APBD Kota Sawahlunto untuk kegiatan irigasi pertanian terdiri dari pembangunan kincir air, di Desa Talawi Hilir, pembangunan embung batang kuluk di Desa Kolok Nan Tuo dan pembangunan kincir di Desa Talawi Mudik. 


Untuk kegiatan jalan pertanian, terdiri dari peningkatan jalan sentra produksi Dusun Sawah Talang, Sungai Loban dan Tambun Batu di Desa Muaro Kalaban. Kemudian lanjutan pembukaan jalan sentra produksi  sawah taruko ke sawah luak botuang di Desa Kolok Mudik, dan peningkatan jalan sentra produksi dari Dusun Sawah Tambang ke Sawah Taratak di Desa Muaro Kalaban, ujar Heni. 


Heni menjelaskan, sementara untuk bantuan ternak yaitu pengadaan sapi Bali sejumlah 24 ekor yang terdiri dari 20 betina dan satu jantan.


"Untuk ternak sapi ini diberikan kepada Kelompok Usaha Bersama Pudiang Saiyo Desa Kolok Mudik dan Kelompok Panjar Baru Desa Batu Tanjung," kata Heni.

 

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, yang langsung menyerahkan bantuan itu kepada kelompok tani, menyebut itu merupakan wujud komitmen , dukungan dan bantuan dari Pemko  Sawahlunto kepada para petani dan peternak.


"Agar bantuan yang diserahkan sekarang ini berumur panjang dan manfaatnya maksimal, kami berpesan kepada para petani dan peternak agar bantuan ini dapat dirawat dan dijaga dengan baik dan sesuai ilmu terkait. 


Kepada jajaran penyuluh pertanian kami ajak agar semakin intensif dalam mendampingi petani dan peternak kita mengelola bantuan yang diberikan," ujar wali kota. (Hms/Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update