Notification

×

Iklan

Jalan Tertimbun Longsor, Akses Masyarakat Terganggu

Minggu, 19 Desember 2021 | 14:12 WIB Last Updated 2021-12-19T07:12:11Z

Warga bergotong royong mengangkat material longsor.


Painan, Rakyatterkini.com - Tingginya curah hujan menyebabkan bencana longsor di sebagian wilayah Kabupaten Pesisir Selatan. Kali ini jalan penghubung dua kampung, di Kecamatan Lengayang dan Kecamatan Ranah Pesisir tertimbun, Sabtu 18/12/2021.


Peristiwa itu terjadi di Lubuk Sampik Kampung Koto Lamo, Nagari Lakitan Tengah, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat (Sumbar).


Longsor terjadi setelah hujan lebat sehingga permukaan bukit di kawasan itu longsor dan menimbun badan jalan yang menghubungkan Kampung Koto Lamo dengan Sungai Liku.


Jalan yang menghubungkan antara Kampung Koto Lamo dengan Sungai Liku tertimbun, dan tidak bisa dilalui oleh kendraan baik roda dua maupun kendraan roda empat, ujar Wali Nagari Lakitan Tengah, Irwandi, Minggu 19 Desember 2021.

 

Irwandi menyebut, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun akses warga kedua Kampung itu menjadi terhambat karena harus memutar jalan dengan jarak yang lebih jauh.


Namun jika tidak diperbaiki dengan segera, maka warga yang berada di kawasan tersebut bisa terisolasi.


Ada sekitar 20 Rumah warga di kawasan tersebut terisolasi, kemudian hasil tani dan kebun warga juga tidak bisa dibawa keluar, jelas Irwandi.


Irwandi berharap agar Pemkab abupaten Pesisir Selatan segera melakukan perbaikan, mengingat jalan tersebut merupakan akses utama warga setempat.

 

Harapannya, agar Pemkab bisa mengirimkan alat berat untuk membuang sisa material longsor tersebut, ungkap Irwandi.


Irwandi mengimbau, agar warga Nagari Lakitan Tengah Kecamatan lengayang untuk terus meningkatkan kewaspadaan, mengingat curah hujan saat ini masih tinggi, dan tidak menutup kemungkinan peristiwa banjir dan longsor akan terulang kembali. (baron)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update