Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu 24 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.888 23 101.514 2.351
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Hindari Pemeriksaan Jembatan Timbang Muara Lembu, Puluhan Truk Berhenti di Bahu Jalan

Rabu, 22 Desember 2021 | 07:05 WIB Last Updated 2021-12-22T00:05:06Z

Puluhan truk berhenti di bahu jalan lintas Teluk Kuantan-Pekanbaru, di Muara Lembu, Kecamatan Singingi.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Sejumlah pengemudi truk barang bermuatan memarkirkan kendaraan mereka di bahu Jalan lintas Teluk Kuantan-Pekanbaru, di Muara Lembu, Kecamatan Singingi, Kuansing, Selasa 21 Desember 2021. 


Puluhan kendaraan berat dengan kapasitas muatan puluhan ton, diduga sengaja diparkirkan para sopirnya untuk menghindari pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas jembatan timbang UPPKB Muara Lembu. 


Pantauan Rakyatterkini.com di lokasi, para supir truk tampak duduk-duduk santai di pinggir jalan dekat kendaraan mereka sembari menunggu petugas jembatan timbang selesai melakukan operasi pemeriksaan.


Puluhan truk bermuatan diduga melebihi tonase itu, berhenti dan parkir tidak hanya di bahu jalan, tetapi sebagian bahkan parkir hingga badan jalan. Hal itu tentu tidak boleh karena membahayakan keamanan pengendara lain yang melintas di jalan tersebut.


Kepala Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Muara Lembu, Bambang Armanto, mengatakan, pihaknya di bawah Kementerian Perhubungan secara rutin melakukan pengawasan kendaraan angkutan barang dengan alat jembatan timbang.


Dikatakan Bambang, lalu lintas kendaraan angkutan barang perlu diawasi agar daya angkut tidak melebihi tonase. Berdasarakan ketentuan, jika kendaraan kelebihan muatan atau tidak sesuai batas muatan kelas jalan akan ditindak sesuai peraturan.


"Lalu lintas kendaraan angkutan barang ini perlu diawasi. Karena banyak kita dapati melebihi kapasitas tonase tidak sesuai batas muatan kelas jalan. Kendaraan yang melintas dengan kelebihan muatan ini menyebabkan jalan cepat rusak, dan jika kita dapati ada pelanggaran akan ditindak sesuai peraturan.


Sementara terkait banyaknya truk berhenti parkir di bahu jalan mungkin muatannya melebihi tonase makanya mereka menghindar dari area jembatan timbang. Tapi itu bukan kewenangan kami, karena sesuai aturan kewenangan kami hanya di lingkungan jembatan timbang ini saja," jelasnya. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update