Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 13 Januari 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
89.881 13 87.714 2.154
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Baik dalam Penguatan APIP dan Keterbukaan Informasi, Inspektorat Padang Panjang Studi Banding ke Kuansing

Selasa, 14 Desember 2021 | 06:26 WIB Last Updated 2021-12-13T23:26:37Z

Inspektorat Padang Panjang foto bersama dengan Inspektorat Kuansing.

Kuansing, Rakyatterkini.com  -  Inspektorat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, kedatangan tamu istimewa dari Inspektorat Kota Padang Panjang, Sumbar, di Komplek Perkantoran Pemkab Kuansing, Teluk Kuantan, Senin 13 Desember 2021.


Kunjungan Inspektur Inspektorat Padang Panjang, Syahril dan jajaran berjumlah 15 orang, tujuannya untuk studi perbandingan tentang pembangunan integritas Aparat Pemeriksa Internal Pemerintah (APIP).


Syahril didampingi Asisten III Kota Padang Panjang, Martoni, ketika dikonfirmasi Rakyatterkini.com, mengatakan, pihaknya sengaja datang melakukan studi banding karena menurut dia, Inspektorat Kuansing cukup baik dalam hal penguatan aparat pemeriksa internal.


Karenanya dikatakan, dari pertemuan ini ada beberapa hal positif yang perlu ditiru oleh Inspektorat Padang Panjang, seperti bagaimana cara memberdayakan SDM yang ada. Meskipun jumlah aparat terbatas, tapi bisa mengawal OPD dan Desa dengan jumlah tidak sedikit.


"Hal ini memang perlu kami pelajari, karena Inspektorat itu dimanapun persoalan sama yaitu keterbatasan sumberdaya manusia. Tapi kondisi itu di sini (Kuansing) tidak menjadi kendala. Karena bisa diakali, contoh dalam memeriksa lima desa yang bertetangga itu bisa dijadikan satu, nah ini kan inovasi perlu ditiru," katanya.


Selain itu tambah Syahril, dalam kunjungan ini ia juga mendapat inovasi dari Inspektorat Kuansing tentang sinergi kemitraan dengan awak media massa dalam hal penyebarluasan informasi kegiatan Inspektorat ke publik luas.


"Termasuk membangun kemitraan dengan rekan-rekan media itu juga penting. Jadi, tentang keterbukaan informasi pun saya belajar dari Inspektorat Kuansing. Jika ada hal atau kegiatan yang perlu disampaikan ke publik ya harus kita sampaikan melalui media," pungkas Syahril.


Sementara itu, di kesempatan pertemuan itu Inspektur Inspektorat Kuansing, Darwin, menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan teman sejawat dari Padang Panjang. Ia menyambut baik silaturrahmi tersebut untuk saling sharing dan bertukar informasi, sehingga bisa mengisi kekurangan masing-masing.


"Terimakasih atas kunjungan teman-teman sejawat dari Inspektorat Kota Padang Panjang. Kami senang silaturrahmi bisa terjalin. Semoga pertemuan ini memberikan dampak positif, bisa menambah ilmu dan wawasan untuk kemajuan daerah kita masing-masing," ungkap Darwin. (hen)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update