Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 13 Januari 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
89.881 13 87.714 2.154
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Antisipasi Covid, Warga Padang Waspadai Kedatangan WNA

Jumat, 10 Desember 2021 | 14:30 WIB Last Updated 2021-12-13T03:51:53Z

Timpora saat rapat koordinasi di Hotel Pangeran Padang.

Padang, Rakyatterkini.com - Asisten Administrasi Umum Setdako Padang, Didi Aryadi mengingatkan masyarakat agar mewaspadai kedatangan turis atau warga negara asing (WNA). Ini dilakukan karena pandemi Covid-19 masih berlangsung di Indonesia.


Didi menyampaikan itu saat mewakili Wali Kota Padang dalam Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Kota Padang yang digagas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, di Hotel Pangeran Beach.


“Saat pandemi ini, kita mesti mewaspadai masuknya virus Covid-19 yang dibawa oleh orang asing (turis), ”ujar Didi, seperti dirilis Diskomimfo, Jumat 10 Desember 2021.


Kedatangan orang asing ke Indonesia saat pandemi ini memang perlu menjadi perhatian banyak pihak. Tidak saja dapat membawa virus, akan tetapi juga dapat membuat terjadinya pelanggaran izin masuk.


Didi menilai, Tim Pora merupakan tim yang tepat untuk mengawasi pergerakan orang asing di Kota Padang. Tim Pora yang terdiri dari unsur Forkopimda, OPD serta lembaga vertikal, akan menjadi garda terdepan dalam pengawasan.


“Peranan Tim Pora ini penting, tidak saja melakukan pengawasan, akan tetapi kita harapkan mampu memberi pelayanan yang baik kepada orang asing serta memberi kenyamanan kepada masyarakat bagaimana supaya dapat hidup berdampingan dengan orang asing,” ujarnya.


Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat R. Andika Dwi Prasetya menuturkan, pengawasan terhadap orang asing merupakan amanat dari Undang-undang Keimigrasian. Menurutnya, menjaga keberadaan orang asing merupakan upaya menjaga kedaulatan.


 Sekarang ini, hanya warga negara tertentu saja yang dibolehkan memasuki Indonesia. Sedangkan warga negara yang berasal dari benua Afrika tidak dibolehkan memasuki Indonesia, ujarnya. (gp)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update