Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Sejumlah BUMDes Bermasalah di Kuansing Bakal Diinventarisir Inspektorat

Selasa, 16 November 2021 | 15:39 WIB Last Updated 2021-11-16T08:40:39Z

 Inspektur Inspektorat Kuansing, Darwin.

Kuansing, Rakyatterkini.com - Sejumlah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, yang disinyalir vakum dan salah pengelolaan oleh manajemen BUMDes, menjadi atensi khusus inspektorat setempat untuk dilakukan inventarisasi terhadap masalah yang ada. 


Inspektur Inspektorat Kuansing, Darwin, mengungkapkan, pada pemeriksaan reguler yang dilakukan pihaknya di sejumlah pemerintah desa di beberapa kecamatan, ada didapati sejumlah BUMDes vakum atau mangkrak dan bahkan ironisnya ada ditemukan kesalahan prosedur pengelolaan.


BUMDes yang semestinya dikelola oleh pengurus, sebalik malah dikelola oknum perangkat desa.


"Memang persoalan sejumlah BUMDes ini menjadi atensi kita untuk melakukan inventarisasi, karena ada beberapa ditemukan BUMDes yang vakum dan salah pengelolaan. Masa iya, ada oknum perangkat desa yang mengelola, itu tidak boleh. Untuk itu, dalam waktu dekat kita lakukan inventarisasi terhadap BUMDes yang bermasalah tersebut, "ujar Darwin, kepada rakyatterkini.com, Selasa 16 November 2021.


Darwin menegaskan, inventarisasi itu bertujuan untuk mengetahui dan mendalami persoalan yang ada di BUMDes, sehingga dari hal itu Inspektorat selaku pihak pembina dan pengawasan pada urusan pemerintahan daerah, dapat memberikan solusi untuk perbaikan pengelolaan BUMDes sesuai aturan yang berlaku. 


Menurut dia, keberadaan BUMDes sejatinya harus meningkatkan perekonomian desa, dan mengembangkan potensi ekonomi desa.


"Keberadaan BUMDes ini harus menjadi penopang perekonomian desa. Jadi kalau BUMDes tidak dikelola dengan baik, ya tentu BUMDes ini tidak akan berjalan sesuai dengan tujuannya. Untuk itu, kita imbau kepada para pengurus BUMDes untuk menjalakan usahanya sebagaimana mestinya, "tegas Darwin. 


Sejak beberapa tahun terakhir ini seluruh BUMDes di Kuansing menerima bantuan dana untuk modal dari pemerintah. Itu harus sikelola dengan baik, dan pengelolaannya harus dipertanggungjawabkan. (hen)




×
Berita Terbaru Update