Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 13 Januari 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
89.881 13 87.714 2.154
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Pemprov Upayakan Santri Berprestasi Kuliah di Timur Tengah

Minggu, 28 November 2021 | 09:03 WIB Last Updated 2021-11-28T02:03:50Z

Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat peresmian Ma'had Rahmatan Lil Alamin (RLA) Internasional Islamic Boarding School the leaders FII Dunya, reach Success fil Jannah di Kabupaten Solok, Sabtu (27/11/2021).

Solok, Rakyatterkini.com - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengatakan santri berprestasi akan diupayakan untuk bisa melanjutkan pendidikan di Timur Tengah, guna memperkuat SDM dan ilmu keagamaan sehingga bisa berkontribusi lebih besar untuk kemajuan Provinsi Sumatera Barat.


"Beberapa waktu lalu ada salah seorang generasi muda kita yang berhasil menjadi juara pertama dalam STQH Nasional cabang Tafsir. Kita telah bertemu dengan Dubes Arab Saudi untuk mengupayakan agar anak kita itu bisa melanjutkan pendidikan di Madinah. Ini adalah salah satu bentuk upaya kita meningkatkan SDM, "kata Gubernur Mahyeldi saat meresmikan Ma'had Rahmatan Lil 'Alamin (RLA) Internasional Islamic Boarding School the leaders FII Dunya, reach Success fil Jannah di Kabupaten Solok, Sabtu (27/11/2021).


Santri yang dikirimkan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri itu diharapkan bisa menyelesaikan hingga program doktor, sehingga saat kembali perannya bisa lebih besar untuk daerah.


Mahyeldi menyebut hasil pertemuan dengan Dubes Arab Saudi itu, direncanakan akan ada 18 Dubes dari Timur Tengah yang akan berkunjung ke Sumbar. Dalam kesempatan itu, kerjasama di bidang pendidikan bisa menjadi salah satu pembicaraan.


"Kita juga menggagas sister province dengan Madinah sehingga anak-anak kita lebih mudah melanjutkan pendidikan di sana," jelas Mahyeldi.


Dengan terbuka lebarnya kesempatan untuk kuliah di luar negeri, ia mendorong santri untuk memacu semangat guna meraih prestasi dan memupuk pondasi yang dibutuhkan, sehingga bisa kuliah di luar negeri.


Mahyeldi mengatakan Pemprov Sumbar sangat serius dalam meningkatkan kualitas SDM generasi muda karena menyadari merekalah nanti yang akan menjadi pemimpin, penentu arah bangsa ke depan.


Tidak hanya untuk pesantren, Pemprov Sumbar juga melakukan banyak inovasi guna meningkatkan kualitas lulusan SMA dan SMK.


Sementara itu Bupati Solok, Epyardi Asda mengatakan pihaknya menyambut semua investor yang datang ke daerah itu termasuk untuk sektor pendidikan.


"Kami gelar karpet merah bagi investor yang datang ke Solok. Kita berikan semua kemudahan yang bisa diberikan," katanya.


Terkait Ma'had Rahmatan Lil 'Alamin (RLA) Internasional Islamic Boarding School the leaders FII Dunya, reach Success fil Jannah ia berharap bisa menjadi pendukung dalam upaya peningkatan SDM masyarakat di daerah itu. (adpim)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update