Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Meski Dimasa Pandemi, BUMDes Sigamas Pasir Emas Terus Menggeliat

Jumat, 26 November 2021 | 11:03 WIB Last Updated 2021-11-26T04:03:05Z

Kades Pasir Emas, Rikan Nugroho dan Kaur Umum, Jailan.


Kuansing, Rakyatterkini.com - Pemerintah Desa Pasir Emas, Kecamatan Singingi, Kuansing, Riau, terus berupaya memajukan ekonomi dengan menggenjot Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).


BUMDes dinilai mampu menggerakkan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan unit-unit usahanya. 


Kepala Desa (Kades) Pasir Emas, Rikan Nugroho, ketika bincang-bincang dengan awak media ini di kantornya, Kamis 25 November 2021, mengatakan, BUMDes Sigamas saat ini menjalankan beberapa unit usaha yakni, simpan pinjam, perkreditan barang, perdagangan online dan jasa layanan jaringan internet desa. 


"Melalui penyertaan modal dari APBDes beberapa tahun terakhir ini, BUMDes Sigamas terus bergerak menjalankan berbagai unit usaha seperti, simpan pinjam, layanan jaringan internet, perdagangan online dan perkreditan barang rumah tangga, dan usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat desa," ujar Rikan. 


Ia menuturkan, meskipun di masa sulit pandemi Covid-19, BUMDes harus bisa berperan sebagai lembaga yang mampu mendorong perekonomian desa melalui bidang usaha yang dikelola. BUMDes harus mampu menggali potensi desa dan peluang bisnis, untuk peningkatan pendapatan masyarakat desa.


"BUMDes ini terus kita dorong kemajuannya. Sejak dua tahun terakhir kita melakukan pengembangan digitalisasi jaringan internet desa, seperti selama ini ada jual beli online melalui medsos, dengan adanya jaringan aplikasi desa kedepan usaha perdagangan online yang dijalankan BUMDes bisa lebih berkembang lagi," jelasnya. 


Sementara itu, Kaur Umum dan Perencanaan Desa Pasir Emas, Jailan, menambahkan, untuk pengembangan usaha, BUMDes Sigamas ke depan akan menjalankan unit usaha baru melalui pengelolaan pariwisata desa yaitu kolam pemancingan ikan, merupakan salah aset desa yang dibangun menggunakan APBDes.


Menurut Jailan, dari pontensi pariwisata desa itu, selain mendongkrak pendapatan asli desa, pengurus BUMDes bisa mengajak masyarakat pelaku usaha UMKM lokal bergabung dalam kegiatan usaha kuliner dan sebagainya, sehingga produktivitas ekonomi masyarakat lebih meningkat.


"Dari pengembangan usaha BUMDes ini kita harapkan perekonomian masyarakat kedepan lebih meningkat lagi. Alhamdulillah, pendapatan laba dari berbagai usaha BUMDes Sigamas setiap tahun terus meningkat. Dan target pendapatan laba tahun 2021 sebesar Rp180 juta, kita yakin itu dapat dicapai, "ungkap Jailan. (hen)

×
Berita Terbaru Update