Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Ingin Kuliah di Kedokteran UI, Cek di Sini Biayanya

Sabtu, 13 November 2021 | 15:09 WIB Last Updated 2021-11-13T08:09:34Z

Universitas Indonesia.


Jakarta, Rakyatterkini.com  -  Apakah bercita-cita kuliah di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI)? Jika iya, maka harus mengetahui besaran biaya di fakultas tersebut.


Fakultas Kedokteran sendiri adalah unit tertua dalam lintas sejarah Universitas Indonesia. FK UI juga terus berkembang dengan mengikuti pendidikan yang telah disesuaikan dengan Program Standar Internasional yang ditetapkan oleh Federasi Pendidikan Kedokteran Dunia.


Dilansir detikcom, adapun, mahasiswa di FK UI harus mengikuti sistem modul yang sudah ditetapkan secara sistematis. Kurikulum FK UI sendiri terdiri atas tiga tahap. 


Pertama, yaitu general education pada semester satu. Tahap kedua, medical sciences pada semester 2-6, kemudian tahap ketiga berupa clinical practice pada semester 7-10.


Tahap pendidikan dilengkapi dengan masa internship selama satu tahun. Program studi kedokteran di UI sendiri hanya dibuka melalui program pendidikan S1 Reguler dengan kuota jalur masuk 50% dari jalur SNMPTN dan 50% dari ujian tulis, yaitu SBMPTN dan SIMAK UI.


Melansir laman resmi UI, biaya pendidikan S1 reguler di Fakultas Kedokteran UI dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya. Biaya tersebut mencakup BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan).


BOP-B dibayarkan dengan kisaran Rp100.000-Rp7.500.000 untuk S1 reguler sesuai kemampuan. Adapun, terhitung dari tahun 2013 sudah tidak dikenakan uang pangkal. Hal tersebut dikarenakan uang pangkal sudah disubsidi oleh pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).


UI juga menggunakan Uang Kuliah Tunggal atau UKT sebagai sistem pembayaran. Mahasiswa dapat membayar biaya satuan pendidikan yang sudah ditetapkan program studi dan tidak dikenakan lagi biaya per SKS.


Itulah penjelasan mengenai biaya kuliah di Fakultas Kedokteran UI. Jangan lupa persiapkan dengan baik ya, baik finansial maupun fisik dan mental agar dapat berkuliah di Fakultas Kedokteran UI. (*)




×
Berita Terbaru Update