Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 13 Januari 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
89.881 13 87.714 2.154
sumber: corona.sumbarprov.go.id

HUT ke-133 Kota Sawahlunto, SISSCa dan Makan Bajamba Tetap Dilaksanakan

Selasa, 30 November 2021 | 09:32 WIB Last Updated 2021-11-30T02:32:26Z

Wako Deri Asta, didampingi Wawako Zohirin Sayuti, Sekdako Ambun Kadri, Asisten I, Irzam, Asisten III, Dedi Ardona, Kadisparpora, Nova Erizon dan Kabag Humas, Wiza Andrita. (Riswan Idris/Rakyatterkini.com)


Sawahlunto,  Rakyatterkini.com - Sawahlunto Internasional Songket Silungkang Carnival (SISSCa) dan makan bajamba, menjelang HUT Kota Sawahlunto ke-133, di tengah pandemi Covid-19, kembali digelar.


Walikota Deri Asta, didampingi Wawako Zohirin Sayuti, Sekdako Ambun Kadri, Asisten I, Irzam, Asisten III, Dedi Ardona, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, Nova Erizon, Kabag Humas, Wiza Andrita dan Kasubag Humas, Citra Enggusti kepada awak media dalam jumpa pers  di ruang pertemuan Balaikota Lubang Panjang, Senin, 29 November 2021.


Deri Asta menegaskan, SISSCa sudah masuk dalam Top 100 Wonderful Event versi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Kegiatan ini harus dilaksanakan untuk terus menggelorakan Tenun Silungkang yang tertua di Sumbar itu.


Songket Silungkang telah menjelma menjadi media promosi efektif untuk pariwisata dan ekonomi kreatif Kota Sawahlunto. Songket Silungkang ini memiliki kekayaan nilai historis dan kultural yang luar biasa. 


Inilah yang menjadi keunggulan dari Songket Silungkang. SISSCa 2020 mengusung tema, Beauty of Cultur in Harmony maka SISSCa 2021 ini mengusung tema Exotic of Sawahlunto.  


Walikota menegaskan, setiap OPD wajib mendaftarkan peserta satu orang. Peserta sengaja dibatasi mengingat pentingnya mematuhi protokol kesehatan (Prokes). 


Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dipaspora) Sawahlunto, Nova Erizon yang juga adalah Ketua SC SISSCa 2021 mengatakan mencegah keramaian, maka yang mendapat akses masuk ke lokasi acara hanya peserta, panitia dan fotografer. 


Untuk penonton, dipersilakan menyaksikan melalui Zoom Meeting maupun tayangan live streaming.


"Kita juga rencanakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan itu menyediakan gerai vaksinasi di lokasi Iven. Jadi nanti peserta yang belum divaksin, bisa kita bantu vaksin langsung di tempat tersebut, bagi peserta yang berasal dari luar daerah, ditambah dengan menunjukkan hasil test swab antigen, "ujar Nova Erizon.


Puncak Acara SISSCa 2021 Selasa 30 November 2021 ini diadakan Carnival Songket yang rencananya diikuti oleh, 37 group Desa/Kelurahan, 34 group OPD, 4 group Perbankan Nasional, 6 group BUMN, 7 Group Desainer Profesional, 16 group SLTP / SLTA, 35 group Pengrajin Songket dalam dan luar Sawahlunto,dan 90 grup mandiri dari berbagai komunitas yang ada di Sawahlunto. Star dari Garase PT. BA dan Finish di Museum Goedang Ransoem.


Untuk SISSCa Stage / Fashion Show  ( SISSCa Night ) diikuti oleh 10 Profesional Model dan 25 Child Models. Lomba Foto dan Video Event diikuti oleh 650 Photografer dan 50 Videografer.


HUT ke 133 kota Sawahlunto kali ini selain SISSCa 2021, juga telah digelar lomba foto dan video, Pekan Kebudayaan Daerah (23 - 26 November 2021) dengan kegiatan lomba tonil Bahasa Tansi, Festival Lagu Minang Legendaris, dan Festival Randai. 


24-25 November 2021 bertempat di Silungkang Duo Kecamatan Silungkang digelar Silungkang Duo Cultural Festival-Basilone, 27-28 November 2021 dilaksanakan Kandi Mural Competition (KaMuCo) di Taman Satwa Kandi. 


Puncaknya 1 Desember 2021 digelar acara makan bajamba di lokasi Objek Wisata Kandi Resort Sawahlunto Derby (pacu kuda). (RIS1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update