Notification

×

Iklan

Gubernur Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan untuk Kecerdasan dan Hindari Stunting

Selasa, 09 November 2021 | 18:16 WIB Last Updated 2021-11-09T11:16:45Z

Gubernur Mahyeldi lantik pengurus Forikan Sumbar.

Padang, Rakyatterkini.com  -  Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi mengajak masyarakat untuk gemar memakan ikan menciptakan generasi yang cerdas dan terhindar dari stunting.


"Dengan konsumsi ikan yang meningkat akan memberikan multiflier effect terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Dan bisa melahirkan generasi yang cerdas dan sehat yang diharapkan dapat meningkatkan kemajuan bangsa, " katanya.


Itu disampaikan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah membuka acara rapat koordinasi dan sekaligus mengukuhkan pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Sumbar di Auditorium Gubernuran, Selasa 9 November 2021.


Tingginya konsumsi ikan akan bisa meningkatkan permintaan terhadap ikan yang bisa pula membantu perkembangan usaha perikanan baik budidaya, tangkap dan pengolahan. 


Pasti dengan berkembangnya usaha perikanan maka harga produk perikanan akan stabil, menyerap banyak tenaga kerja dan tumbuh industri-industri dan usaha penunjang lainnya.  


Menurut Gubernur Mahyeldi, konsumsi ikan bisa bisa mencegah stunting, kurus dan obesitas. Masyarakat Sumbar harus konsumsi ikan, berdasarkan laporan gizi Global atau Global Nutrition Report, Indonesia termasuk ke dalam 17 (tujuh belas) Negara yang memiliki masalah gizi sekaligus yaitu stunting, kurus dan obesitas.


Kampanye makan ikan merupakan Program Nasional untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, memiliki nilai penting dalam memperkuat ketahanan pangan nasional.  


Program Dinas Kelautan dan Perikanan dalam peningkatan konsumsi ikan dengan kegiatan seperti lomba masak serba ikan, dan lomba inovasi masakan berbahan baku ikan, dilaksanakan pembinaan daerah stunting.


Selanjutnya Mahyeldi mengukuhkan pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Sumbar sesuai SK Gubernur Nomor 523.6 - 335 - 2021 antara lain : sebagai Pembina Gubernur, Wagub Sumbar dan Sekdaprov. Untuk pengarah setiap Kepala OPD dilingkungan Pemprov Sumbar.


Pengurus : 

Ketua Ny. Hj.  Harneli Mahyeldi

Wakil Ketua Ny.  Fitria Amalia Audy

Wakil Ketua I Ny.  Elimarlina Hansastri

Wakil Ketua II Ny.  Candra Gumilarti


Ketua Harian Yulia Madhona

Sekretaris Mery Desna 

Sekretaris Harian I Ny. Entri Sofia

Sekretaris Harian II Emilia Driani

Bendahara Ny. Eliarti Yosmeri


Selanjutnya dalam pelaksanaan diisi oleh bidang-bidang yaitu Bidang Penguatan Organisasi dan Pembinaan Daerah, Bidang Peningkatan Produksi Usaha dan SDM, Bidang Pembinaan Mutu Diversifikasi Produk dan Ketatabogaan, Bidang Promosi dan Pemasaran dan Bidang Data dan Publikasi.

 

Usai pelantikan Ketua Forikan Sumbar Ny. Hj.  Harneli Mahyeldi mengajak gubernur untuk makan serba ikan hasil produksi UMKM. (adpim)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update