Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Desa Mandiri di Kecamatan Singingi Hilir Bertambah

Selasa, 23 November 2021 | 17:02 WIB Last Updated 2021-11-23T10:02:38Z

Kasi PMD Kecamatan Singingi Hilir, Darwin.


Kuansing, Rakyatterkini.com - Sebanyak dua Desa di Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuansing, meraih peringkat Desa Mandiri. 


Dua Desa yang naik satus dari Desa Maju menjadi Desa Mandiri itu, adalah Desa Sukamaju dan Desa Tanjung Pauh.


Kasi PMD Kecamatan Singingi Hilir, Darwin, mengatakan, ada tiga kategori penilaian pihak Kementerian Desa PTT terkait Indeks Desa Membangun (IDM), diantaranya indeks Ketahanan Sosial, indeks Ketahanan Ekonomi dan indeks Ketahanan Lingkungan.


"Kita apresiasi atas capaian keberhasilan ini, dan kita ucapkan selamat kepada Pemdes Sukamaju dan Tanjung Pauh. Sebelumnya tahun 2020 lalu Desa Sungai Buluh juga telah naik peringkat menjadi Desa Mandiri.


Jadi sudah tiga Desa di Kecamatan Singingi Hilir yang naik status IDM menjadi Desa Mandiri," ujar Darwin kepada Rakyatterkini.com di kantornya, Selasa 23 November 2021.


Ia menjelaskan, peningkatan status IDM merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan pengelolaan dan pembangunan desa. Karenanya, pemerintah desa harus lebih baik dalam tata kelola desa. Terutama dalam hal ekonomi, sosial dan lingkungan.


"Memang untuk mendapatkan peringkat desa mandiri tidaklah mudah. Perlu dukungan seluruh pihak dan kerja keras pemerintah desa dalam ketahanan ekonomi, sosial, dan lingkungan, " ulasnya.


Untuk diketahui, dari perkembangan IDM 12 Desa yang ada diwilayah Kecamatan Singingi Hilir tahun 2021, terdapat tiga Desa Mandiri, 8 Desa Maju dan 1 Desa Berkembang. (hen)




×
Berita Terbaru Update