Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 17 Oktober 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.631 430 87.061 2.140
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Vaksinasi Covid-19 di Sawahlunto Mencapai 43 Persen

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 21:33 WIB Last Updated 2021-10-09T14:33:55Z
Kapolda Sumbar, Irjen Pol.Teddy Minahasa Putra, didampingi Wako, Deri Asta, dan Forkopimda. (Riswan Idris/Rakyatterkini.com)


Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Mempercepat dan memperluas jangkauan vaksinasi Covid-19, gebyar vaksinasi kembali dilaksanakan di Sawahlunto. Kali ini gebyar itu dipadukan dengan pemberian paket sembako.


Kegiatan tersebut ditinjau Kapolda Sumbar, Irjen. Pol. Teddy Minahasa Putra, Sabtu 9 Oktober 2021. 


Gebyar vaksinasi ini menargetkan lebih dari 1.300 orang masyarakat. Dilaporkan Kepala Dinas Kesehatan, Yasril, ada 4 titik lokasi pelaksanaan gebyar vaksinasi itu, yakni di GPK, Pasar Silungkang, Desa Kolok Nan Tuo dan Desa Lumindai. 


Sementara, untuk update data tingkat vaksinasi di Kota Sawahlunto, disampaikan Walikota Deri Asta yakni telah mencapai 43 persen lebih atau 22.416 orang. Angka 43 persen lebih tersebut dari total sasaran masyarakat yang akan divaksin yakni 51.805 orang. 


Dengan tingkat vaksinasi itu, seperti data yang diberikan Dinas Kesehatan, Sawahlunto saat ini berada di urutan ke - 4 tertinggi capaian vaksinasi dosis 1 di Provinsi Sumatera Barat. Sementara untuk capaian vaksinasi dosis 2, Kota Sawahlunto berada di urutan ke - 6 tertinggi dari 19 Kota/Kabupaten di Sumbar.  


Upaya lainnya, pemerintah desa dan kelurahan sangat intens dalam mengajak dan memfasilitasi masyarakat untuk divaksin. Berbagai inovasi dilakukan Pemerintah Desa/Kelurahan untuk mengapresiasi masyarakat yang divaksin, antara lain dari memberikan makan siang sampai memberikan minuman peningkat ion tubuh yakni air kelapa muda.


"Di Sawahlunto, juga muncul dukungan dari organisasi masyarakat dan komunitas-komunitas dalam membantu menyelenggarakan vaksinasi ini. Contohnya itu kemaren sudah ada tim Silungkang Peduli (SOLID) dan Pramuka Peduli Kwarcab Sawahlunto yang turun membantu jajaran Puskesmas dalam melakukan vaksinasi pada masyarakat," kata Walikota Deri Asta. 


Kapolda Sumbar, Irjen. Pol. Teddy Minahasa Putra, memberikan apresiasi yang tinggi pada Pemko Sawahlunto dan jajaran Forkopimda yang telah berhasil menggerakkan pelaksanaan vaksinasi di Kota Warisan Dunia versi UNESCO tersebut dengan baik dan telah sampai mendekati 50 persen dari total sasaran. 


Kapolda Sumbar itu menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Sawahlunto yang sadar dan mendukung program pemerintah dalam membentuk imunitas kelompok melalui vaksinasi Covid - 19. 


Kapolda juga mengapresiasi dengan memberikan piagam penghargaan kepada tenaga kesehatan Sawahlunto, secara simbolis piagam penghargaan itu diserahkan secara simbolis oleh Kapolda Irjen. Pol. Teddy Minahasa Putra kepada Paur Kes Polres Sawahlunto, Bripka Yuli Ekawati dan para Kepala Puskesmas di Sawahlunto. 


Kapolres Sawahlunto, AKBP Ricardo Condrat Yusuf melaporkan kepada Kapolda bahwa jajaran Polres Sawahlunto turun dengan optimal dalam membantu percepatan vaksinasi ini. 


Bentuk nyata lainnya kinerja Polres Sawahlunto dalam mendukung percepatan vaksinasi, dengan memobilisasi masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari tempat vaksinasi. (Hms/Ris1)




×
Berita Terbaru Update