Notification

×

Iklan

Sawahlunto Terima Sertifikat dan Predikat Utama APE 2020

Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:01 WIB Last Updated 2021-10-13T08:01:28Z

Wako Sawahlunto, Deri Asta dan Sekdako Ambun Kadri. (Taufan/Humas)

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Dinilai berhasil dalam mengupayakan dan menjalankan Pengarusutamaan Gender (PUG), Pemko Sawahlunto memperoleh kenaikan predikat pada Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari sebelumnya Madya menjadi Utama. 


Piagam kenaikan predikat ke tingkat Utama itu diserahkan kepada Walikota Sawahlunto Deri Asta, Rabu 13 Oktober 2021. 


Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMD PPA), Efriyanto, menjelaskan bahwa APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak. 


Untuk pencapaian ini, Efriyanto memaparkan ada 7 komponen kunci yang menjadi penilaian, diantaranya komitmen (Perda PUG, Perwako PUG), kebijakan (RPJMD, Renstra OPD), kelembagaan (POKJA PUG, Focal POINT), dan Sumber Daya Manusia dan anggaran (SDM terlatih PPRG dan jumlah anggaran Pemko responsif gender).


Ditambahkan Efriyanto, Kota Sawahlunto juga termasuk dalam kota terbaik dalam pelaksanaan Rencana Aksi Pemerintah Daerah Pengarusutamaan Gender Tahun 2019 dan 2020. 


Sementara, Walikota Sawahlunto Deri Asta mengatakan bahwa penghargaan atau naik peringkat ke predikat Utama bukanlah tujuan utama dalam program Pengarusutamaan Gender di Sawahlunto. 


Sebab Pengarusutamaan Gender ini termasuk dalam salah satu misi Pemko Sawahlunto, yakni Penanganan khusus terhadap kelompok marginal seperti lansia, penyandang disabilitas, gangguan jiwa dan kelompok marginal lainnya termasuk perempuan dan anak - anak. 


Meski sudah berhasil memperoleh predikat utama ini, Walikota Deri Asta mengingatkan jajarannya agar jangan berpuas diri. Sebab kerja pengarusutamaan gender masih harus terus dilaksanakan dalam membangun kota maupun pelayanan pada masyarakat. (Hms/Ris1)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update