Notification

×

Iklan

Ketua DPRD Tinjau Abrasi Pantai di Nagari Pilubang

Rabu, 09 Juni 2021 | 09:30 WIB Last Updated 2021-10-07T02:33:23Z

Ketua DPRD tinjau abrasi pantai di Nagari Pilubang.


Pdg.Pariaman, Rakyatterkini.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Padang Pariaman Arwinsyah, meninjau abrasi pantai yang melanda pemukiman rumah penduduk di Pasir Baru, Nagari Pilubang, Sungai Limau, Rabu, (9/6/2021).


Legislator Partai Gerindra itu mengaku akan segera mengusulkan pembangunan pemecah ombak di sepanjang pantai Pasir Baru. Ini untuk mengamankan pantai dan rumah penduduk dilokasi itu dari ancaman abrasi.


Dikatakan, abrasi tersebut adalah salah satu kerusakan garis pantai ini dapat dipicu karena terganggunya keseimbangan alam di daerah pantai tersebut. Selain itu, akibat gelombang dan arus laut yang sifatnya destruktif atau merusak. 


Abrasi ini akibat terjadinya musim pasang laut dan imbas dari pemasangan batu pemecah ombak dibagian utara depan bangunan SMPN Sungai Limau yang sebelumnya rusak parah akibat abrasi, dan pemasangan batu grib dibagian selatan Kota Pariaman, untuk itu harus ada batu pemecah ombak dilokasi itu, kata Arwinsyah.


Ia mengaku, sudah melaporkan ke Balai Wilayah V yang merupakan penanggung jawab kawasan pesisir pantai, untuk segera melakukan pengamanan abrasi dengan membangun pemecah ombak.


“Saya sudah berkoordinasi langsung dengan Kepala Balai Wilayah V, dan Alhamdulillah respon beliau cukup baik, dan pasir baru masuk dalam prioritas mendapatkan bantuan pemasangan batu pemecah ombak dalam waktu dekat, dan saya akan selalu berusaha memperjuangkannya demi masyarakat,” jelasnya.


Sementara, jika penanganan abrasi menggunakan dana APBD Padang Pariaman, sambung Arwinsyah, tidak mungkin bisa dilakukan, karena anggaran untuk membangun batu pemecah ombak membutuhkan dana yang cukup besar, di samping Padang Pariaman saat ini mengalami difisit anggaran yang cukup besar. (sgr)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update